Mahasiswa UI Raih Penghargaan Berprestasi Nasional 2016

Beji | Depok Terkini

Mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2012, Irman Faiz terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Utama tingkat Nasional 2016. Penganugerahan Mapres Nasional dilaksanakan pada penutupan pemilihan Mapres Nasional di Yogyakarta, Selasa (16/8).

Menurut Faiz kunci kemenangannya adalah sikapnya yang konsisten, persisten, dan selalu memberikan yang terbaik dalam setiap langkah yang diambilnya. Ia menjalaskan, banyak persiapan yang dilakukan, terutama karya tulisnya yang berjudul “Inovasi Strategi Pemberantasan
Korupsi untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa: Studi Kasus Indonesia” serta memperdalam pengetahuan denganmencari informasi mengenai isu-isu kenegaraan, politik, sosial, ekonomi, dan kesehatan untuk menambah wawasan.

Pada karya tulisnya, Faiz merekomendasikan kepada pemerintah untuk mengatasi korupsi dari dua sisi yaitu hulu dan hilirnya. Dari sisi hulu dapat dilakukan dengan penanaman nilai anti korupsi sejak dini. Faiz mengajukan ide membuat permainan ular tangga berbasis nilai anti korupsi sehingga mudah dipahami anak-anak. Lebih lanjut, Faiz merekomendasikan untuk membuat indikator kerja KPK dan meningkatkan realisasi hukuman koruptor.

Faiz juga berpesan kepada para mahasiswa yang ingin menghasilkan prestasi-prestasi membanggakan di kampus. “Langkah pertama kalian di kampus akan sangat menentukan, jadi tentukanlah tujuan kalian sekarang, belajarlah bagaimana cara mencapainya, dan berikanlah usaha yang terbaik untuk mencapainya. Tetap berjuang dan percaya bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses,” ujarnya.

Faiz terpilih sebagai mahasiswa berprestasi utama nasional setelah melewati serangkaian seleksi panjang dan bersaing dengan 13 pesaing lainnya. Tujuan dari penyelenggaraan Mapres Nasional adalah memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi. Mapres Nasional tidak hanya sebatas mengukur prestasi akademik para mahasiswa, melainkan juga jiwa kepemimpinan serta kemampuan dalam berorganisasi, kegiatan kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebgai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar