HGN 2018, Walikota Berikan Penghargaan Guru SMA Islam Dian Didaktika

Balaikota, Depok Terkini

Walikota Depok Mohammad Idris memberikan penghargaan kepada guru berprestasi saat acara puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018 di lapangan Balaikota Depok, Jalan Margonda Raya, Depok, Rabu (28/11)

Di antara penerima penghargaan ini adalah Pratik Murwatno, guru SMA Islam Dian Didaktika, Cinere, Depok.

Pratik Murwatno adalah seorang guru olahraga berprestasi dalam berbagai kejuaraan seperti Indonesia Master Athletic Championship 2017 di Bandung, memperoleh tiga medali emas, dan satu perak. Kejuaraan ini diikuti beberapa negara seperti Finlandia, Singapura, Malaysia, India, Srilangka, dan Brunei Darussalam. Pratik menjadi juara satu lompat jauh, juara satu lompat tinggi, juara satu lompat jangkit dan juara kedua lari 110 meter gawang.

Selanjutnya pada Juli tahun 2018, Dia mengikuti kejuaraan Master Atletik Terbuka Tingkat Nasional di solo dan berhasil meraih lima medali yaitu tiga emas, satu perak dan satu perunggu. Terakhir pada 28 Oktober, pria kelahiran Purbalingga 29 September 1971 ini kembali berhasil meraih tiga medali perak dalam ajang Indonesia Open Masters Athletics Championship 2018 diikuti delapan negara dan delapan provinsi, serta 25 kabupaten/kota.

"Alhamdulillah, Ini menjadi kebanggaan, baik secara pribadi, sekolah dan Kota Depok. Percayalah bahwa setiap usaha dan kerja keras tak akan pernah mengingklari hasil akhir," ucap Pratik yang memiliki satu istri dengan lima anak.

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris berharap  momentum peringatan Hari Guru Nasional mampu meningkatkan profesionalisme guru. Dengan begitu, dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kota Depok.

“Posisi guru ini sentral. Untuk itu, peningkatan profesionalisme dan peran strategis guru, serta tenaga kependidikan sangat berdampak pada kehidupan bangsa dan negara yaitu para generasi penerus,” kata Idris.

Dikatakannya, profesi guru melekat pada integritas dan kepribadian mereka. Guru harus menjadi contoh teladan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswanya di sekolah.

“Sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, ciri guru profesional yang harus dimiliki adalah guru yang memiliki kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik,” tandasnya.(ndi)

Post a Comment