Dandim Depok Cek Harga Migor Curah di Pasar Cisalak

Cimanggis, Depokterkini.com

Komandan Kodim (Dandim) 0508/Depok, Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan melakukan pengecekan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng di Pasar Rakyat Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Depok, Minggu (29/05/22).

Pengecekan itu dilakukan untuk mengetahui apakah para pedagang di pasar tersebut menjual minyak goreng curah sesuai dengan HET yang telah ditetapkan pemerintah yaitu Rp14.000 per liter atau setara Rp 15.500 per kilogram.

"Dari hasil pengecekan yang kami lakukan, masih kami temukan kenaikan harga variatif. Ada yang menjual sesuai HET, ada juga yang menjual di atas HET. Harganya  Rp 16 ribu hingga Rp 19 ribu," kata Dandim.

Menurut Elvino, pedagang menaikkan harga tidak sesuai HET, karena mereka enggan membeli dari distributor resmi. Pedagang masih membeli ke agen-agen yang menjual dengan harga tinggi.

Untuk itu, Elvino akan menelusuri darimana minyak goreng curah yang dibeli para pedagang tersebut dengan harga lebih tinggi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepala pasar untuk terus memantau harga, stabilkan harga, sesuaikan dengan HET yang telah ditetapkan pemerintah," tegas Elvino.

Jika ada yang menjual di atas harga tersebut, Elvino meminta di telusuri agennya, dan diberikan peringatan. Apabila peringatan-peringatan tersebut tidak diindahkan, bisa dilakukan tindakan administratif, atau laporkan ke pihak berwenang," pungkasnya.

Ia menegaskan akan terus memantau harga minyak goreng curah di kota Depok hingga kembali normal. 

"Stabilitas harga pangan menjadi perhatian serius Pemerintah. Tidak hanya minyak goreng, tetapi juga barang kebutuhan pokok lainnya. Ini salah satu tugas TNI yang dimandatkan oleh pemerintah, agar masyarakat bisa menikmati harga dengan wajar,” tutupnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar