Depok Menuju Kota ODF Pertama Di Jawa Barat

Balaikota, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyambut baik terlaksananya verifikasi lapangan program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) oleh Tim Verifikator ODF Provinsi Jabar, Selasa (01/11/2022). 

Idris mengatakan, seluruh stakeholder di Kota Depok berkomitmen untuk meningkatkan pencapaian ODF 100 persen, salah satunya dengan melakukan deklarasi setiap kelurahan di Kota Depok.

“Total 63 kelurahan sudah deklarasi ODF, artinya sudah tidak ada warga yang buang air besar sembarangan, maka saat ini direchecking oleh tim penilai dari Provinsi Jawa Barat,” kata Idris.

Idris menuturkan, pihaknya masih terus menjalankan bantuan septic tank bagi masyarakat Depok yang membutuhkan, baik melalui Perangkat Dinas terkait maupun Corporate Social Responsibility atau CSR.

Selain itu, ujar Idris, program air bersih dan sanitasi dilakukan melalui pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang terbukti sebagai pendekatan yang efektif dan efisien terutama untuk merubah perilaku masyarakat.

Pilar ke-1 STBM adalah ODF, yang menjadi prasyarat Kota Sehat Wistara, oleh sebab itu, kegiatan verifikasi lapangan Kota ODF 100 persen, merupakan tahapan yang sudah ditunggu dengan proses yang panjang demi mewujudkan Depok sebagai Kota ODF 100 persen.

“Alhamdulillah Depok kota pertama yang berani mengajukan ke Jawa Barat sebagai Kota ODF 100 persen,” kata Idris.

“Keterlibatan semua pihak, baik lintas program dan lintas sektor tentunya sangat berpengaruh dalam terwujudnya komitmen bersama menjadikan Depok Kota ODF 100 persen,” tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar