Urban Farming Bisa Jadi Destinasi Wisata

 

Sawangan, Depokterkini.com

Deden Setiawan, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Sawangan, Kota Depok mengatakan, urban farming bisa menjadi salah satu bentuk usaha bagi petani yang bisa menjual sayuran hingga hasil budidaya ikan air tawar.

“Ini (mimpi) kedepannya, yang sekarang dilakukan bagaimana cara menanam dan budidaya ikan yang baik agar bisa berhasil,” kata Deden saat memberikan pelatihan rumah pangan lestari (PRL) di Kelurahan Sawangan Baru pada Senin (9/10/2023).

Peserta kegiatan  tersebut Pokja 3 dan 4, KWT, RT dan RW08  di Kampung Caraka, Kelurahan Sawangan Baru.

Dia juga mencontohkan, seperti yang sudah berhasil dilakukan urban farming di wilayah Cilodong lokasi P2WKSS tanaman sayuran dan budidaya ikan air tawar telah berhasil. 

“Kalo sudah berhasil di lokasi sekitar bisa dibuat sebagai kawasn wisata local dengan menjual sayuran dan ikan air tawar dari hasil panen, kemudian juga bisa membuat usaha cefe karena kampung tersebut banyak dikunjungi warga,” katanya.

Mengenai RPL dia meminta kepada elemen warga di Kampung Caraka  RW 08 untuk saling kolaborasi.

Mengenai pelatihan kegiatan RPL Yesiwar, Kasie Kemasyarakatan dan pelayanan Kelurahan Sawangan Baru mengatakan,  media tanam yang digunakan dalam pelatihan  berupa polybag, kemudian untuk budidaya ikan menggunakan ember. 

“Besok (peserta) akan diberikan pelatihan lokasi di Kampung Caraka RW 08,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Ketahanan Pangan  dan Pertanian, Endang Gunadi dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok   yang juga sebagai narasumber menambahkan,  pelatihan diberikan langsung kepada warga di permukian Kampung Caraka dari mulai bagaimana cara menyemai bibit sayuran, memindahkan tanaman, dan budidaya ikan jenis lele.

“Untuk pelatihan budidaya ikan jenis  lele menggunakan ember dan kolam terpal,” pungkasnya. (Dib)


Posting Komentar

0 Komentar