Warga Ramai-Ramai Renovasi Bangunan SD 03 Pasir Putih

Warga di lingkungan RW 01, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok berswadaya untuk merovasi beberaoa ruangan SD 03 Pasir Putih yang kondisinya sudah cukup memprihatinkan. Apalagi bagian atap ruang tersebut pun telah rapuh dan membahayakan.“Pembangunan ini kami lakukan swadaya, kami tentunya cukup prihatin dengan kondisi bangunan. Dari hasil musyawarah, kami bersama warga sepekat untuk merenovasi ruangan ini,” ujar Usman bin H Nika, Ketua RW 01 Pasir Putih, kemarin.

Dari hasil musyawarah itu, terbentuklah panitia kecil yang diketuai oleh Saimin Olai, Marif Hidayat, sekretaris dan H Zainal Abidin selaku bendahara. Renovasi yang sudah memakan waktu satu minggu ditargetkan akan rampung dalam dua bulan ke depan.“Anggaran yang kami butuhkan mencapai Rp 20 juta. Alhamdulillah, ada rekan kami yang sudah menyumbangkan asbes, beliau bukan warga Depok akan tetapi sangat peduli terhadap pendidikan di wilayah kami,” paparnya.

Bangunan yang memiliki luas 6x6 itu sebenarnya sudah lama diusulkan untuk direnovasi. Namun, hingga bangunan akan rubuh bantuan dari pemerintah kota tidak kunjung turun.

Sementara itu, Andas Suhenda, Kepala SDN 03 Pasir Putih mengapresiasi kepedulian masyarakat RW 01 yang telah membantu pihak sekolah untuk melakukan renovasi ruang guru.“Ini berawal dari minimnya ruang kelas, di mana perpustakaan sering dimanfaatkan oleh para guru untuk beristirahat karena ruang guru yang ada kondisinya memprihatinkan, namun itu rupanya telah membuat para siswa canggung untuk masuk dan membaca buku di perpustakaan,” tandasnya.

Dari itu, renovasi pun dilakukan dengan tujuan agar nantinya para siswa dapat kembali menggunakan perpustakaan yang ada. Kami juga berencana untuk mendirikan kantin sehat.

“Terimakasih kepada tokoh masyarakat dan Forum Komunikasi Peduli Warga (FKPW), yang telah berkontribusi untuk merenovasi ruangangan ini. Kami sangat senang dengan adanya bantuan ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, pihaknya telah melayangkan permohonan bantuan namun prose situ dinilai akan memakan waktu lama. Dari itu, ia menyambut positif atas bantuan yang telah diberikan.
“Kami juga telah memiliki program terkait penghijauan dan kebersihan. Untuk kebersihan kami telah MoU bank sampah RW 01 dan masjid yang berada di samping sekolah. Setiap minggunya kami lakukan penimbangan sampah,” pungkasnya.