Batalyon Mekanis 201/Jaya Yudha " Go Publik "

Sebagai upaya mempererat komunikasi dan saling pengertian antara Satuan TNI, khususnya Yonif 201/JY dengan masyarakat. Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 201/JY Letkol Inf Bangkit Rahmat Tri Widodo mencetuskan inovasi membuka area markas Yonif 201/JY untuk masyarakat umum.

"Setiap hari Sabtu jam 08.00-10.00WIB, masyarakat bisa masuk ke markas yonif 201/JY melihat kendaraan tempur jenis Anoa dan menaikinya. Kita ingin bermasyarakat dan biarkan masyarakat menikmatinya. Perlu diingat ranpur ini dibeli dan dibiayai oleh rakyat melalui APBN,"ujar Bangkit saat launching awal Display Kendaraan tempur dihadapan para Camat se-Jakarta Timur, Camat se- Kota Depok, dan para jurnalis, di Markas Yonif 201/JY, Sabtu (1/11).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Pasar Rebo, Kramat Jati, Matraman, Duren Sawit,  Jatinegara dan Camat Makasar.  Sedangkan Camat dari Kota Depok, yaitu Camat Pancoran Mas, Limo, Cinere, Cipayung, Beji, Sukmajaya, Cimanggis, dan Camat Bojongsari.

Selain memamerkan Alutista ranpur Anoa, diadakan juga interaksi dengan masyarakat berupa Joy Riding yaitu uji coba menaiki panser anoa mengelilingi area Batalyon. Sebagai penutup kegiatan diakhiri dengan latihan menembak bersama guna memperkenalkan kehidupan dan kegiatan prajurit dalam meningkatkan profesionalitas keprajuritannya."Dengan menembak bersama diharapkan para undangan mengenal profesi keprajuritan yang merupakan bagian dari masyarakat,"tandas Bangkit.

Camat Pasar Rebo, Jakarta Timur, Wahyu Supriyatna memberikan apresiasi kepada Danyon atas inovasi memberikan kesempatan kepada warganya untuk bisa mengenal lebih dekat TNI dan alutistanya."Program Danyon sangat baik untuk lebih dekat dengan masyarakat. TNI itu milik masyarakat, jadi dengan dibukanya area batalyon untuk masyarakat berarti memberi kesempatan masyarakat dan siswa untuk lebih dekat kepada TNI sekaligus membangkitkan cinta tanah air,"katanya.

Senada dikatakan Camat Cimanggis, Kota Depok Usman Haliyana. Menurut dia, selama ini peran aktif anggota Yonif 201/JY sudah banyak membantu kegiatan pemerintah Kota Depok. Seperti pembersihan situ Pedongkelan dan lainnya. Usman menilai dengan adanya program Yonif 201 dibuka untuk umum, akan merubah image TNI yang semula ditakuti masyarakat menjadi dekat dengan masyarakat."Kita akan sosialisasikan program Yonif 201 Go Publik kepada semua Lurah di Kota Depok,"tandasnya.(swd)