Vespa Tahun 1962 Teman Setia Cak Imin


Jakarta | Depok Terkini

Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ternyata memiliki motor antik sebagai pelaku sejarah suksesnya Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di jagat politik Indonesia.

Vespa Super buatan tahun 1962 warna hijau tersebut kini teronggak di pojok kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh 1, No.9, Jakarta Pusat.

Namun, Cak Imin tidak pernah lupa dengan jasa vespa super itu. Ia selalu memperhatikan kebersihan motor kesayangannya itu saat hendak naik ke ruangannya di lantai dua.

Konon vespa inilah yang mengantarkan Ketua Umum PKB itu keliling-liling Yogyakarta. Baik sebagai aktivis maupun teman kuliah di kampus Universitas Gajah Mada (UGM). Begitupun saat dirinya merantau ke Jakarta, vespa menjadi teman sehati yang tidak bisa dipisahkan. Vespa warna hijau itu kemudian sengaja ditaruh di kantor PKB agar dirinya selalu ingat perjuangan selama menjadi aktivis mahasiswa dahulu.

Cak Imin juga selalu bercerita kepada teman-teman sesama politisinya di PKB tentang Vespa Super hijau yang selalu menjadi kendaraan andalannya di jaman perjuangan dahulu. Bahkan, vespa itu sempat di bawa ke tanah kelahirannya di Jombang, Jawa Timur (Jatim). Baru pada sekitar tahun 2000-an vespa hijau itu diiistrahatkannya di Jakarta.