Dandim 0508/Depok Desak Pemkot Perbaiki Jalan Rawan Amblas

Pancoran Mas | Depok Terkini

Komandan Kodim (Dandim) 0508/Depok Letkol Inf. Santosa mendesak Pemerintah Kota Depok agar segera memperbaiki badan jalan di wilayah Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, dan Kecamatan Beji. Salah satunya jalan alternatif warga di Jalan Kutilang pinggir kali kawin. Kondisinya jalan amblas karena tanah penopangnya longsor tergerus air akibat hujan deras disertai angin.

“Karena tegerus air, telah membentuk rongga yang bila dibiarkan akan sangat membahayakan,"  kata Santosa saat meninjau kondisi jalan yang amblas itu, Selasa (25/11) siang. Dalam peninjauan itu, Dandim didampingi Pasintel Kapt Inf Djarmadi, Pasiter Kapt Inf Kasim, dan Pasiops Kapt. Inf Supardi.

Selain itu, kata Dandim, ada empat titik jalan lawan longsor di sepanjang Jalan Tanah Baru. Menurutnya, perbaikan badan jalan harus segera dan sudah sangat mendesak. “Jalur ini sangat vital sebagai jalan alternatif Depok – Jakarta, sehingga bila jalur ini terputus bakal mengganggu aktivitas masyarakat,” tandasnya.

Dia berharap, Pemerintah Kota Depok segera memperbaikinya dengan memanfaatkan dana tanggap darurat bencana. “Penyebab kerusakan memang dikarenakan tergerus luapan air kali atau sungai lantaran curah hujan yang mulai tinggi intensitasnya akhir-akhir ini. Jangan menunggu jalan amblas baru ada langkah perbaikan. Selain bakal lebih mahal biayanya, juga bakal mengganggu roda perekonomian warga sekitar,” paparnya.

Dandim juga meninjau wilayah rawan banjir diantaranya Kalilaya, Sukmajaya, dan perum Taman Duta.