Koramil 04/Bojonggede Ajak Petani Gunakan Sistem IPAT BO


Bojonggede | Depok Terkini

Dalam rangka serbuan teritorial ketahanan pangan, jajaran Koramil 04/Bojonggede mengajak para petani menanan padi menggunakan metode Intenifikai Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT BO).  Metode ini dinilai dapat meningkatkan produktifitas hasil panen hingga tiga kali lipat.

”Para petani kita ajak dan diberikan penyuluhan cara menanam dengan metode IPAT BO. Sistem ini sudah terbukti berhasil di tempat lain, dengan hasil panen mencapai tiga kali lipat,”ujar Danramil 04/Bojonggede, Kapten Inf Syaroni usai tanam padi di lahan seluas 20 hektare Desa Citayam, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jum’at (13/3).

Hadir dalam tanam padi tersebut, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa, Kapolresta Depok Kombes Pol Achmad Subarkah, Asisten Ekonomi Kabupaten Bogor, Camat Tajur Halang, Kepala Desa Tajur Halang, masyarakat serta para petani sekitar.

Ditempat yang sama, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa menjelaskan, biasanya petani menanam masih menggunakan metode lama, karena itu, kita sosialisasikan metode  terbaru IPAT BO yang sangat efektif.  Manfaatnya masa panen lebih cepat hanya tiga bulan, hasil produksi meningkat, dan penggunaan air dan pupuk lebih irit hingga 25 persen.

”Mudah-mudahan yang kita tanam ini hasilnya baik. Mari kita sukseskan program swasembada pangan yang ditargetkan Presiden Jokowi. Semua harus terlibat, program ini tidak akan berhasil tampa peran serta masyarakat,”ujar Santosa.

Selain itu, Dandim juga memerintahkan para Babinsa untuk terus mengawal program ini, mulai dari penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan hingga masa panen.”Pengawasan harus dilakukan karena kita harus punya data perbandingan hasil panen tahun lalu dan tahun ini,”tandas Dandim.