Satlantas Polresta Depok Sosialisasikan Keselamatan Berlalu lintas Sopir Angkot

Margonda | Depok Terkini

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Depok menggelar sosialisasi dan penyuluhan Safety Driving (Keselamatan berkendara) kepada para sopir angkutan umum di Terminal Depok, Selasa (8/9). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian menyambut HUT Lantas ke-60 sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan mendisiplinkan para awak angkutan umum di Kota Depok.

Menurut Kasatlantas Polresta Depok, Kompol Sutomo.  Sasaran penyuluhan adalah para sopir angkutan kota (angkot), angkutan dalam kota dalam provinsi (AKDP), dan angkutan antar kota antar provinsi (AKAP). Penyuluhan ini juga sebagai upaya pencegahan agar para pengendara angkutan umum disiplin dalam berkendara di jalan."Para sopir kita berikan pengetahuan tentang tata tertib berkendara demi keselamatan diri sendiri dan penumpangnya."ungkap Sutomo.

Ia menjelaskan, materi yang diberikan meliputi peraturan lalu lintas sesuai UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pemahaman tentang kelaikan kendaraan, dan pentingnya etika berkendara di jalan raya.”Semua kita tekankan demi keselamatan, mulai dari kelaikan kendaraan hingga etika mengemudi.”pungkasnya.

salah seorang sopir angkot, Samsul mengaku mendapat banyak pengetahuan baru setelah mendengarkan penyuluhan tersebut. Selama ini, kata dia, jarang mengetahui teknik-teknik bagaimana selamat di jalan raya. Kita jarang memperhatikan rambu-rambu.” Kita diajarkan bagaimana menjadi supir yang baik,” kata Samsul.

Menurut dia, banyak hal sepele sering dilakukan supir-supir yang ternyata dapat membahayakan keselamatan mereka ketika berkendara. “Misalnya saja, rata-rata supir angkot dan bus mempunyai kebiasaan berhenti sembarang saat menaikkan dan menurunkan penumpang. Padahal hal itu tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan macet. Apalagi kalau berhentinya mendadak, itu dapat membahayakan orang lain,”tandas Samsul.(ndi)