Breaking News

recent

Wawali Minta Sekolah Jaga dan Pelihara Program UKS

Cinere | Depok Terkini

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad yang juga sebagai Ketua Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) meminta agar sekolah selalu menjaga dan memelihara program strategis UKS. Hal itu bertujuan agar sekolah bisa meningkatkan tiga program pokok dalam pembinaan dan pengembangan UKS, meliputi pendidikan Kesehatan, pelayanan kesehatan, dan Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.

"UKS sebagai program strategis harus dijaga dan dipelihara agar sekolah bisa meningkatkan Trias UKS, baik disekolah maupun dilingkungan siswa,"ujar Idris saat menghadiri penilaian sekolah sehat regional 1 tingkat Provinsi Jawa Barat, di SMP Dian Didaktika, Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere, Depok, Jum'at (23/10).

Menurut Idris, kesehatan merupakan sebuah mahkota yang seringkali tidak disadari oleh manusia. Biasanya manusia baru sadar akan arti kesehatan setelah terkena penyakit."Orang sering tidak sadar betapa pentingnya masalah kebersihan dan kesehatan.  Sekolah merupakan tempat utama menempa putra bangsa untuk sehat. Namun, kata Idris, terkadang masyarakat selalu melihat pendidikan itu merupakan segala-galanya.

"Terkadang masyarakat gampang menyalahkan sekolah. Padahal hakekat mendirikan sekolah bertujuan mendidik untuk sehat mental dan spiritual,"ungkap Idris.

Sementara itu, Sekretaris Umum Yayasan Dian Didaktika, Imam Suhada mengatakan, sekolahnya yang berdiri sejak tahun 1985 ini berkomitmen mengedepankan kebersihan. Karena itu, pada tahun 1990 sekolahnya mendapat juara sebagai sekolah terbersih tingkat Kabupaten Bogor.

"Kami komitmen untuk menjaga kebersihan bukan hanya fisik tetapi dari segi mental juga. Penilaian sekolah sehat ini juga sebagai evaluasi kebersihan di yayasan Dian Didaktika,"paparnya.

Karena itu, idris menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah provinsi Jabar yang telah yang dinilai telah memberikan perhatian untuk mewujudkan sekolah di Depok menjadi sehat. SMP Dian Didaktika merupakan sekolah yang mewakili Kota Depok dalam lomba sekolah tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Dilihat dari auranya, sekolah ini bisa masuk ke tingkat nasional. Hal ini sudah terlihat dari komitmen dan keseriusan sekolah Dian Didaktika,"tandas Idris.

Hadir dalam acara tersebut Kabag Sosial Sekda Kota Depok Asep Roswanda, Camat Cinere Asloe'ah, para Lurah, Kasi Kurikulum Disdik, Kepala UPT Disdik Kecamatan Cinere, dan pengurus Yayasan Dian Didaktika..(ndi)