Dandim Buka Penataran Babinsa di Koramil 06/Cimanggis

Cimanggis | Depok Terkini

Koramil 06/Cimanggis, Kodim 0508/Depok mengadakan penataran Babinsa dalam rangka pemberdayaan Koramil model di wilayah Kodim Depok.

Penataran diikuti sedikitnya 50 prajurit Bintara Pembina Desa (Babinsa), baik prajurit yang akan menjabat Babinsa maupun Babinsa yang telah bertugas di wilayah.

Penataran Babinsa selama dua hari, 4-5 November 2015 itu, dibuka langsung Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Santosa, dan dihadiri para Danramil sebagai pemberi materi.

Menurut Santosa, Koramil Cimanggis merupakan koramil model yang memiliki kemampuan membekali para Babinsa yang masuk di wilayah teritorial Kodim Depok. Tujuan penataran ini, agar seluruh prajurit yang bertugas di Komando Kewilayahan mampu dan memahami dalam menjalankan tugas pembinaan di wilayah.

"Sebelum terjun ke wilayah, Babinsa yang baru masuk diberikan pembekalan terlebih dahulu, sedangkan Babinsa lama pembekalan ini sebagai penyegaran,"ujar Dandim didampingi Danramil 06/Cimanggis Mayor Sukarno.

Bagi Babinsa baru, kata Santosa,  harus memahami tugas dan fungsi di wilayah, karena tugas mereka sudah berbeda ketika masih bertugas di satuan tempur, atau satuan lain.

"Tugas di wilayah itu banyak program yang harus dikembangkan, berbagai dinamika harus dihadapi karena Babinsa sebagai ujung tombak TNI yang berinteraksi dengan masyarakat langsung,"jelas Dandim.

Karena itu, lanjut Santosa, seluruh Babinsa harus menguasai geografi, demografi, dan kondisi sosial di wilayah. Terjun ke masyarakat dan lakukan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat.

"Jaga nama baik TNI. Jangan bertindak yang dapat mencoreng nama satuan. Amalkan delapan wajib TNI, kalau sudah diamalkan berarti sudah menjalankan pembinaan teritorial dengan sempurna,"tandas Santosa.(ndi)