Juara OSN Pertamina 2015 Raih Bea Siswa Jutaan Rupiah

Beji | Depok Terkini

PT Pertamina akhirnya mengumumkan para pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2015 dalam acara puncak penutupan di Gedung Integrated Faculty Club Universitas Indonesia, Kampus Depok, Kamis (27/11).

Penganugerahan pemenang OSN Pertamina 2015 dihadiri Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Prof. Intan Ahmad, Rektor UI Muhammad Anis, Dekan FMIPA UI Abdul Harris, dan CSR Manager PT Pertamina Agus Mashud.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Prof. Intan Ahmad berharap setelah OSN ini berakhir, PT Pertamina terus mendukung pengembangan proyek sains para peserta."Saya berharap mereka bisa terus didukung dan ditindak lanjuti oleh Pertamina,"kata Intan Ahmad.

Ketua Panitia Pelaksana OSN Pertamina, Dr Yasman menjelaskan para juara yang mendapatkan hadiah adalah mereka yang berhasil lolos seleksi tingkat Nasional untuk kategori teori, dan juara tingkat Regional Asean untuk kategori proyek sains.

Untuk kategori teori, katanya, pemenang telah berhasil mengalahkan 26.000 peserta di babak seleksi tingkat provinsi dan babak semi final dari seluruh Indonesia. Sedangkan pada kategori proyek sains, mereka berhasil mengalahkan 300 lebih tim proyek sains baik dari Indonesia maupun dari negara-negara Asean.

Untuk pemenang kategori teori mendapat beasiswa sebesar Rp.8.000.000 untuk juara pertama, Rp.6.000.000 juara kedua, dan Rp.4.000.000 bagi juara ketiga."Untuk juara kategori sains menerima beasiswa sebesar Rp.50.000.000 untuk juara pertama, Rp.30.000.000 juara kedua, dan Rp.15.000.000 juara ketiga,"ungkap Yasman kepada wartawan.

PT Pertamina juga memberikan masing-masing tiga buah LCD proyektor bagi perguruan tinggi terbaik dari wilayah barat, tengah dan timur. Perguruan Tinggi tersebut adalah Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Mataram.(ndi)