Fenomena Danau Biru Cigaru Berubah Warna



Kabupaten Tangerang | Depok Terkini

Warga Kabupaten Tangerang dikejutan dengan fenomena Danau Biru Cigaru di Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang karena warna air berubah – ubah dari Biru ke Hijau. Bupati Tangerang , H. A Zaki Iskandar meninjau lokasi dan menyaksikan fenomena dana Biru Cigaru, Selasa, (5/1).

Bupati Tangerang disela sela kunjunga mengatakan, Pemerintah Daerah punya tugas memperbaiki infrastrukturnya tapi yang paling penting adalah buat seluruh masyarakat yang tadinya bergantung sekali dengan tambang pasir ini akan jadi potensi baru yang lebih baik tanpa merusak lagi lingkungan . “ Danau Biru Cigaru harus dikelola degan baik dan benar oleh masyarakat karena ada nilai ekonomisnya ,” ujarnya.

Bahkan Bupati menjanjikan akan membangun tempat parkir, kemudian ada lahan wisata alam, wisata kuliner dan  perlu juga diperhatikan infrastrukturnya seperti  jalan  dan lain sebagainya.

“ Yang lebih penting adalah menghentikan seluruh aktifitas galian pasir yang ada disini . Mudah mudahan dengan fenomena ini bisa merubah mindset masyarakat Cisoka untuk kemudian kita benar benar mempersiapkan wadah atau tempat tempat wisata masyarakat yang lainnya nanti di sini jangan hanya danau biru saja tapi kalau bisa ada yang lainnya juga seperti camping ground, outbond dan sebagainya,” paparnya.

Hadisa Mahsyur, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tangerang mengungkapkan, masalah airnya hasil dari penelitian sementara menunjukan kadar keasamannya di bawah tujuh yang memiliki kadar asam yang lumayan tinggi sehingga tidak serta merta airnya bisa langsung diminum oleh masyarakat.

Dijelaskan, kalau untuk  berenang juga lebih baik dihindari karena danau cukup dalam .  Kandungan air di sini kanapa bisa berubah rubah warna ya mungkin selain kadar asamnya tinggi karena ada alga ganggang yang nanti bisa berubah terkena sinar matahari,” katanya. (sul).