Kodim 0506/Tgr Gelar Rakornis TNI Manunggal KB Kesehatan

Tangerang | Depok Terkini

Kodim 0506/Tgr, Korem 052/Wkr menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) bersama Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas, BPMPPKB, BKKBN dan Ketua PMI se-Tangerang Raya, dalam rangka Pencanangan dan penyelenggaraan TNI Manunggal KB Kesehatan di wilayah Kodim 0506/Tgr TA 2016 yang berlansgung  di Aula Makodim 0506/Tgr, Rabu ( 13/5).

Kegiatan Rakornis dipimpin Kasdim 0506/Tgr, Mayor Inf Leon SH mewakili Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Achiruddin diikuti sekitar 100 peserta lebih  dari jajaran Kodim 0506/Tgr, Pemda dan BKKBN di wilayah Tangerang Raya. Rakornis kali ini membahas  berbagai masalah kependudukan dan implikasinya."Problem kependudukan memikili implikasi yang luas terhadap sektor pembangunan lain  sehingga kependudukan layak mendapat perhatian serius dari setiap  program pembangunan," ujar Kasdim 0506/Tgr yang membacakan sambutan Dandim 0506/Tgr.

Program Kependudukan dan Keluarga Berencana di era reformasi sedikit mengalami penurunan, mengakibatkan  laju pertumbuhan penduduk (LPP) setiap tahunnya bertambah sekitar 1,3 persen. Artinya jumlah penduduk Indonesia bertambah kurang lebih 3,2 juta jiwa per tahun.

Penduduk besar sangat berpotensi menjadi beban pembangunan, tercermin dari beratnya beban pemerintah pusat dan daerah untuk menyediakan berbagai pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, lapangan kerja, dan  lingkungan hidup.

Lebih lanjut Kasdim menambahkan, Rakornis hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengintefsifkan komunikasi dan koordinasi serta tukar menukar informasi antara sesama peserta rakor agar kelak hasilnya dapat lebih menyempurnakan konsep penyelenggaraan percepatan pelaksanaan revitalisasi program KB Tahun 2016.(sul)