Labkesda Siap Layanan Warga Depok

Cimanggis, Depok Terkini

Dinas Kesehatan Kota Depok dalam waktu dekat akan mengoperasikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang berada di Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Depok.

Gedung laboratorium dengan dua lantai itu telah selesai dibangunan pada 2016 lalu dan akan di launching oleh Walikota Depok Mohammad Idris."Insya Allah, bulan Februari Labkesda ini akan dilaunching,"ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, dr. Lies Karmawati usai melakukan aksi bersih di gedung Labkesda tersebut, kemarin.

Lies mengatakan, gedung Labkesda ini telah selesai pembangunannya dan siap dioperasionalkan."Nantinyakita akan memiliki Laboratorium sendiri untuk melakukan pemeriksaan terkait dengan manusia dan lingkungan.

"laboratorium ini untuk memeriksa air bersih dan pemeriksaan makanan apakah tercemar atau tidak, baik oleh kuman maupun bahan kimia," jelasnya.

Untuk tahap awal, katanya, laboratorium ini hanya difungsikan untuk pemeriksaan kesehatan lingkungan dan pelayanan kesehatan."Jika masyarakat dan pasien dari Puskesmas membutuhkan pemeriksaan lab, bisa di labkesda ini. tidak menutup kemungkinan juga kalau dari Rumah Sakit tidak ada lab, bisa juga kesini, Kita belum bisa pastikan pemeriksaan secara keseluruhan, hanya
pemeriksaan darah, urine, tinja, dan kesehatan lingkungan,"ungkapnya.

Dikatakan lies, selama ini pemeriksaan makanan yang tercemar atau  air bersih bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Dengan adanya labkesda ini, pemeriksaan bisa dilakukan sendiri namun beberapa jenis pemeriksaan tertentu masih tetap kerjasama dengan IPB."Kita masih butuh pengakuan berupa standarisasi dari IPB,"jelasnya.

Sedangkan untuk sarana dan prasarana laboratorium, lanjut Lies, semuanya sudah lengkap sesuai dengan yang diperlukan."Tapi belum secara komprehensif alat yang kita miliki, seperti pemeriksaan patologis yang komplek, kalau pemeriksaan yang minimalis kita sudah siapkan,"tuturnya.

Lies berharap dengan adanya laboratorium ini, pihaknya akan terus meningkatkan layanan terutama dalam pemeriksaan penunjang."Laboratorium adalah bagian dari layanan penunjang, jadi masyarakat tidak perlu menunggu lebih lama untuk mendapatkan hasil pemeriksaan. Biasanya kita menunggu hasil lab dari bogor dan Jakarta, jadi butuh waktu lama,"tandasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar