Mekarjaya 30 Gelar Kartinian

Abadijaya, Depok Terkini

Ratusan siswa dan siswi serta guru-guru SDN Mekarjaya 30, Sabtu (22/4), mengikuti kegiatan memperingatai Hari Kartini. Mereka memakai busana daerah dan mengikuti karnaval berkelling lingkungan masyarakat di sekitar sekolah tersebut.

“Kartinian ini sudah menjadi agenda rutin kegiatan sekolah yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru. Sebelumnya juga sudah dilaksanakan lomba-lomba akademik dan nonakademik di sekolah. Puncaknya dilaksanakan karnaval berkeliling lingkungan sekolah,” kata Kepala SDN Mekarjaya 30 Kristianti.

Menurut Kristianti, peringatan Hari Kartini ini sangat penting dilaksanakan di lingkungan sekolah. Pasalnya, saat ini sudah ada tanda-tanda pengikisan karakter di kalangan peserta didik sebagai akibat pengaruh negatif dari pertumbuhan dan pesatya perkembangan teknologi yang dapat mengakses berbagai informasi.

Kartinian ini, lanjutnya, dapat menjadi filter untuk mengurangi dampak negatif dari perkembangan teknologi tersebut. Di mana peserta didik kembali diperkenalkan dengan para pahlawan bangsa yang berkarakter, seperti Ibu Kartini ini, yang telah berjuang untuk Tanah Air tercinta ini.

“Di kartinian ini kembali kita tanamkan sendi-sendi karakter para pahlawan, sehingga peserta didik dapat mengenal sosok para pehalwannya yang dapat dijadikan idolaoleh mereka. Jadi bukan mengidolakan para pahlawan dunia maya,” tambahnya.

Sedangkan karnaval berkeliling lingkungan, lanjutnya, juga sebagai pengenalan kembali kepada masyarakat tentang sosok Kartini sebagai salah satu pejuang bangsa khususnya bagi kaum wanita.

Kegiatan kartinian ini, tambah Kristianti, bukan hanya diikuti para siswa. Sehari sebelumnya pada Jumat (21/4) juga dilaksanakan upacara Peringatan Hari Kartini yang diikuti oleh seluruh guru dan siswa. Di mana seluruh tenaga pendidikan dan kependidikan memakai busana daerah dan siswanya pun mengikuti lomba busana daerah. Juga guru dan orang tua muridnya mengikuti lomba memngolah kudapan dari bahan non beras.

Dihubungi terpisah setelah pelaksanaan try out (TO) Ujian Sekolah (US) tahun 2017, Selasa (25/4), Ecin Kuraesin selaku guru kelas VI SDN Mekarjaya 30 mengatakan, TO yang kali keempat ini diikuti 110 siswa kelas VI. Diharapkan hasilnya dapat lebih meningkat dibanding tiga TO yang dilaksanakan sebelumnya.

“Selesai TO keempat ini, dengan waktu yang tersisa menjelang US 2017 pada 15 Mei mendatang sekolah akan melakukan pemantapan materi mata pelajaran yang akan diujikan nanti,” kata Ecin Kuraesin.

Selain itu, kata Ecin yang didampingi rekannya Ibu Ijah, hasil US 2017 seluruh siswa SDN Mekarjaya ini menjadi  yang terbaik di Kecamatan Sukmajaya. Jika hal ini terwujud, berarti prestasi yang pernah diraih pada 2012 lalu menjadi yang terbaik dan menduduki peringkat pertama terulang kembali.

“Inginnya bisa mengulang prestasi terbaik menjadi yang pertama di Sukmajaya, seperti yang pernah diraih pada 2012 lalu,” pungkas Ecin.(ash)

Posting Komentar

0 Komentar