Tujuh Hari Lagi Jembatan Pitara Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Pancoran Mas, Depok Terkini

Jembatan Pitara, di Kelurahan Pancoranmas,  Kecamatan Pancoranmas yang terputus akibat longsor tergerus air diperkirakan bisa dilalui kendaraan hingga tujuh hari kedepan.

Hal itu diungkapkan Walikota Depok,  Mohammad Idris saat meninjau perbaikan jembatan pitara, Kelurahan Pancoranmas,  Kecamatan Pancoranmas,  Rabu (10/5).

Namun jembatan yang terputus akibat terkena longsor tersebut tidak akan diperlebar karena kondisinya dinilai walikota masih cukup ideal.

"Jembatan ini ya sudah begini, kan sudah diperiksa semuanyan jika amblas ternyata hanya pondasinya saja atau yang tergerus air yang mungkin mengukurnya kekuatan atas dengan bawah sama. Harusnya beda yang namanya pondasi harusnya lebih kuat 10 kali lipat dari struktur," ujar Idris didampingi Kepala Dinas PUPR.

Penggunaam jembatan ini, kata Idris, enam sampai tujuh hari jika tidak hujan. Dan tiga hari kemudian jika turun hujan akan kuat. Namun yang perlu diantisipasi tidak ada genangan air dan ini harus dideteksi.

Adapun jumlah jembatan kecil yang akan diperbaiki Pada 2017 ini,  ditambahkannya,  sebanyak 28 titik jembatan kecil di wilayah Kota Depok.

Sebelumnya,  Manto selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  mengatakan,  pekerjaan pembangunan jembatan segera selesai dan diperkirakan Senin (22/5)  bisa digunakan.

"Ini hanya perbaikan bagian upritan (sambungan) jembatan dan penguatan dibagian pondasi supaya tidak tergerus longsor, " katanya.

Ketika ditanya anggaran perbaikan jembatan, Manto mengatakan,  perbaikannya sesuai dengan kerusakan jembatan yang krusial menelan anggaran Rp 150 juta. "Jadi, yang diperbaiki adalah upritan dan bagian bawah sedangkan pondasinya masih kuat, " ujarnya. (dib)

Posting Komentar

0 Komentar