INICEF Daulat Bupati Narasumber Sanitasi Sekolah

Bupati Tangerang saat menjadi nara sumber sanitasi sekolah
Kabupaten Tangerang, Depok Terkini

United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) menyelengarakan advokasi horizontal learning sanitansi sekolah melibtakan beberapa Kepala Daerah yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) di Hotel Atria Tangerang, Selasa (14/11). Dalam kegiatan ini Bupati Tangerang di daulat untuk menjadi narasumber sekaligus membuka kegiatan.

Kepercayaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang karena memiliki peran aktif  dalam menyukseskan pencapaian target universal access tahun 2019 serta Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 tentang  sanitasi sekolah untuk semua anak Indonesia. Bahkan telah fokus dalam meningkatkan akses sanitasi dan air minum masyarakat yang  meliputi sektor penyediaan air minum, pengelolaan air limbah domestik, persampahan, drainase dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Salah satu dari wujud program ini adalah program Sanitasi Berbasis Sekolah ( SANISEK)  yang dimaksudkan untuk meningkatkan layanan sanitasi bagi siswa tingkat dasar di Kabupaten Tangerang semisal pembangunan MCK di sekolah. Serat telah mencanagkan  program Seribu Sanitasi (Serasi) untuk masyarakat, dan pada 2018 mendatang program Sanitasi Pesantren (Sanitren).

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan pentingnya sanitasi sekolah, karena berawal dari dunia pendidikan generasi muda mesti diajarkan berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga nantinya mereka sudah terbiasa hidup bersih dan sehat. Bagaimana anak-anak kita belajar dengan baik dan menjadi generasi bangsa yang unggul apabila belajar di dalam lingkungan yang tidak sehat dan kondisi yang kotor.

“Untuk itu, konsep sanisek adalah meletakan bangunan di depan sekolah bukan  belakang. Adapun atap bangunan berupa benteng. Filosofinya karena benteng kesehatan itu pada masa sekolah menjadikan benteng kita untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,”papar  Zaki.

Dalam forum  selain mengupas berbagai persoalan tentang sanitasi sekolah juga diadakan ikrar dalam suatu deklarasi yang dinamakan Deklarasi Tanggerang. Dimana seluruh Kepala Daerah mendeklarasikan  kesadaran menyediakan sanitasi yang bersih dan sehat di sekolah secara berkelanjutan.

"Karena semua sekolah harus memiliki akses pada air yang aman, sarana jamban sekolah yang terpisah, terpelihara dengan baik dan berfungsi, serta fasilitas cuci tangan dengan air mengalir dan tersedia sabun," jelas  Zaki ketika menjadi narasumber bersama Bupati Malang, Serang, dan wakil Walikota Samarinda. (sul)

Posting Komentar

0 Komentar