FIK UI Terapkan Sistem Pencatatan Posyandu Berbasis IT

Beji, Depok Terkini

Guna mendukung efektifitas dan efesiensi pelayanan kesehatan masyarakat di Posyandu, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) melalui program Pengabdian Masyarakatnya menerapkan sistem pencatatan berbasis IT kepada para kader Posyandu di wilayah Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok.

Pencatatan berbasis IT tersebut adalah Peralihan pencatatan kesehatan manual (kertas) ke berbasis teknologi (digital), dan program ini berlangsung sejak Juni hingga September 2018

Ketua Tim Pengabdi Masyarakat FIK UI, La Ode A Rahman, S.Kep, mengatakan hingga saat ini sistem pencatatan di posyandu umumnya masih konvensional menggunakan kertas cenderung kurang efisien. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, pengelolaan secara manual memiliki banyak kekurangan, baik dari segi waktu, keakuratan input dan proses data, serta pelaporan.

"Sistem pencatatan manual berbasis kertas cenderung tidak tertata dengan baik bahkan kerap mengalami kesulitan dalam mengelola dan mencari data ataupun informasi terkait kesehatan penerima manfaat Posyandu seperti ibu hamil, balita, lansia, remaja, kelompok rentan lainnya," ungkap La Ode, Selasa (24/07/2018)

Selain itu, tim Pengabdi Masyarakat FIK UI juga menggelar sosialisasi, focus group discussion dan workshop kepada para Kader Posyandu. FIK UI juga memberikan bantuan dua unit Laptop sebagai inventaris kepada masing-masing posyandu yaitu posyandu Cempaka dan Flamboyan.(ndi)


No comments:

Post a Comment