UI Kirim Tim Peduli Bencana Gempa Lombok

Beji, Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) mengirimkan tim bantuan UI Peduli untuk bencana Gempa di Lombok. Tim berjumlah tujuh orang akan melakukan pemetaan awal lokasi bencana serta membantu pelayanan medis bergabung dengan Tim PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) Cabang Lombok. Rombongan UI Peduli berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma pada Selasa (7/8/2018).

Tim UI Peduli Gempa Lombok dikoordinasikan oleh Direktorat Riset & Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI. “Ini adalah upaya respon cepat dari kami terhadap bencana di Lombok yang telah memakan korban jiwa hingga kini mencapai 99 orang. Setelah tim asesmen berangkat melihat secara langsung lokasi bencana dan memetakan kebutuhan bantuan, maka tim besar akan kembali berangkat dari kampus UI pada 10 Agustus 2018.” ujar Prof. Heri Hermansyah, selaku Direktur DRPM UI.

Tim UI Peduli akan berkonsentrasi di 2 klaster yaitu Klaster Kesehatan terkait dengan pelayanan medis dan Klaster Pengungsian Perlindungan terkait dengan sanitasi dan air bersih, layanan psikososial dan identifikasi bangunan yang masih berdiri. UI Peduli mengirimkan dokter umum dan dokter spesialis penyakit dalam serta tim Resimen Mahasiswa UI dengan kualifikasi siap untuk fase tanggap darurat.

Selain itu, dosen FTUI, Dr. Chairul Hudaya juga memberikan bantuan berupa Tabung Listrik (TaLis) – hasil inovasinya –  untuk membantu distribusi listrik ke daerah-daerah bencana di Lombok. Dengan alat ini, distribusi listrik dapat dilakukan dengan mudah tanpa bergantung dari kabel dan transmisi pembangkit tenaga listrik.

Kepala Humas dan KIP UI, Dr. Rifelly Dewi Astuti, SE, MM menambahkan UI Peduli adalah sebuah gerakan pengabdian masyarakat dari UI yang bertujuan untuk membantu penyelesaian permasalahan masyarakat melalui aplikasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial budaya. Program yang telah berjalan dari tahun 2011 ini telah menurunkan timnya ke berbagai daerah bencana di Indonesia seperti gempa Aceh, banjir Jakarta, ataupun bencana meletusnya gunung berapi di Bali. Program ini adalah bentuk kontribusi nyata UI dalam merespon permasalahan bangsa.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar