Breaking News

recent

RSUI Gelar Khitanan Massal

Beji, Depok Terkini

Sebanyak 100 anak usia dini mengikuti khitanan massal yang digelar Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), di Kampus UI Depok, Selasa (18/12/2018)

Program ini merupakan bagian dari Pengabdian Masyarakat RSUI serta bentuk kepedulian RSUI untuk meringankan masyarakat dalam menunaikan kewajiban mengkhitankan anak-anaknya, terutama bagi yang kurang mampu. Khitanan Massal tanpa dipungut biaya dilakukan oleh tim dokter bedah RSUI.

Ketua Pengabdian Masyarakat Khitanan Massal RSUI Muhammad Suhaeri, SSi, MSc, PhD. menuturkan Kegiatan ini merupakan wujud pengabdian masyarakat RSUI serta pelayanan kesehatan RSUI khususnya bagi masyarakat kota Depok. Diharapkan program ini dapat dilakukan berkala sehingga masyarakat dapat menikmati kualitas pelayanan yang ada di RSUI.” kata Suhaeri.

Dia menjelaskan, Khitanan Massal melibatkan tiga dokter umum, tiga dokter spesialis RSUI, sepuluh residen (calon dokter spesialis) serta mahasiswa Fakultas Kedokteran UI dan Fakultas Ilmu Keperawatan UI. Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat dari aspek kesehatan terutama kesehatan reproduksi, peserta juga diberikan edukasi mengenai hal-hal yang dapat timbul pasca khitan, edukasi perawatan rutin, edukasi nutrisi pasca khitan, dan edukasi pencegahan agar tidak terjadi infeksi atau hal-hal yang perlu diwaspadai pasca khitan.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat menjadi tahu pentingnya menjaga kesehatan reproduksi sejak dini," harapnya.

RSUI merupakan RS-PTN pertama di Indonesia yang mempunyai konsep dan rancang bangun sebagai fasilitas pelayanan kesehatan satu atap (One Stop Health Services), mulai dari pelayanan primer, sekunder hingga pelayanan unggulan. RSUI dibangun di atas lahan seluas 106.100 m2 dengan luas bangunan 82.074 m2 (14 lantai) yang berkapasitas 300 tempat tidur (tahap pertama) dan berada di kompleks area Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI kampus Depok.

RSUI akan berperan sebagai pengampu bagi rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kota Depok dan sekitarnya untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta mengakomodasi pasien BPJS. Kolaborasi penyelenggaraan pelayanan, pendidikan dan penelitian menjadi visi RSUI untuk menjadi menjadi rumah sakit berkelas dunia pada 2030.(ndi)

No comments