Breaking News

recent

Walikota Cek Kesiapan Armada Mudik Lebaran 2019


Tapos, Depok Terkini
Aspek keselamatan penumpang menjadi perhatian Wali Kota Depok, Mohammad Idris, dalam pelayanan angkutan mudik Lebaran 1440 Hijriah di Terminal Jatijajar. Bahkan, Mohammad Idris turun langsung mengecek kesiapan armada mudik Lebaran, dan menempelkan langsung stiker laik jalan bagi sejumlah bus yang lolos pemeriksaan.

“Pemkot Depok telah menjadwalkan pemeriksaan armada bus yang diberangkatkan. Petugas kesehatan, dokter dan perawat disiagakan pada H-7 dan H+7 Lebaran,” ujarnya di Terminal Jatijajar, Cimanggis, Jumat (31/05/2019).

Dikatakannya, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) juga telah disiapkan untuk melakukan pengecekan armada setiap hari. Intinya, kata Idris, Pemkot Depok telah melakukan persiapan maksimal untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

“Pesan saya kepada pemudik untuk tetap menjaga ketertiban ketika di jalan. Jangan lupa untuk mengingatkan kepada sopir untuk beristirahat 4 jam sekali. Meskipun tadi pemeriksaan semua sopir sehat, namun jangan sampai kelelahan,” katanya.



Sementara itu, Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, dari 18 bus yang diperiksa hari ini, menghasilkan 5 bus yang sesuai kriteria. Adapun objek yang diinspeksi adalah sistem penerangan, perlengkapan kendaraan bermotor, fasilitas tanggap darurat, sistem alat kemudi, bagian badan kendaraan dan komponen pendukung, serta pengemudi.

Dari seluruh objek yang diinspeksi tersebut, ada beberapa persyaratan mutlak yang harus dipenuhi, yaitu lampu utama, penunjuk arah, lampu posisi, lampu rem, wiper, kondisi ban baik dan kondisi fisik pengemudi yang sehat.

“Yang sudah lulus kelaikannya kita kasih stiker. Stiker ini menandakan bahwa bus-bus tersebut sudah laik jalan. Kalau tidak laik kita tidak izinkan beroperasi,” tandasnya.(ndi)

No comments