Satgas TMMD Ajak Siswa Jaga Nilai Nasionalisme dan Patriotisme


Tapos, Depok Terkini
Siswa siswi SMP Negeri 7 Depok antusias mendengarkan materi yang diberikan Satgas TMMD ke-106, Kapten Inf Ibrahim dalam penyuluhan bela negara kegiatan non fisik TMMD, Selasa (15/10/2019)

Kapten Inf Ibrahim yang juga sebagai Pasiter Kodim 0508/Depok, meminta para siswa tetap menjaga nilai nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Ibrahim, bela negara bukan hanya tugas TNI-POLRI semata. Namun, menjadi tugas dan kewajiban semua warga negara indonesia (WNI)."Seluruh elemen bangsa Indonesia pada dasarnya wajib membela kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Ibrahim

Dia menjelaskan, bela negara adalah suatu tekad, sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Bela negara bagi pelajar, di antaranya belajar dengan baik dan benar, menjaga kebersihan serta peduli terhadap lingkungan dan memiliki kemampuan awal bela negara."Seperti percaya diri, disiplin dalam segala hal, cinta kasih dan lainnya," terang Ibrahim.

Karenanya, Ibrahim berharap agar apa yang disosialisasikan bisa diserap dengan baik dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari."Jadi bukan berperang mengangkat senjata saja. Mengisi kemerdekaan dalam pembangunan dan berbuat baik terhadap sesama pelajar juga termasuk bela negara," pungkasnya.

Sementara, salah seorang siswi SMP Negeri 7 Depok, Dwi Rahmawati mengungkapkan, sebagai pelajar sosialisasi seperti ini sangat penting dilakukan. Pasalnya, rasa nasionalise saat ini dirasa kian memudar karena pengaruh budaya barat. Sehingga, lanjut dia, kegiatan positif ini harus rutin dilakukan kepada tiap siswa dan sekolah berbeda.

"Jadi tidak ada lagi yang namanya tawuran pelajar dan lebih memilih menjadi pelajar yang belajar dengan baik. Sesuai penjelasan dari bapak TNI tadi," ucapnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar