Walikota Buka Pelatihan dan Pendidikan Bela Negara Pelajar SMA


Cimanggis, Depok Terkini
Sebanyak 100 pelajar SMA, SMK dan MA mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok di Markas Batalyon Kaveleri I/Kostrad, Cimanggis, Depok, Selasa (15/10).

Para siswa tersebut merupakan siswa pilihan dari masing-masing sekolah, baik negeri maupun swasta se-Kota Depok untuk. Pembekalan bela negara dibuka langsung oleh Walikota Depok Mohammad Idris dihadiri Komandan Batalyon Kaveleri 1/Kostrad, Letkol Kav Yudi Prasetyo Purnomo, Kakan Kesbangpol Kota Depok, Hakim Siregar, Camat Cimanggis, dan para Lurah.

Dalam kesempatan tersebut Walikota mengatakan konsep bela negara merupakan konsep untuk pertahanan dan keamanan negara. Dengan menanamkan jiwa cinta tanah air, dan idiologi negara yaitu Pancasila serta UUD 45 diharapkan dapat terpelihara dan terlestari eksistensi bangsa dan negara secara utuh dan terpadu dalam NKRI.


"Bela negara bukan suatu kebutuhan, tetapi merupakan hak dan kewajiban seluruh warga negara yang terpatri dengan spirit nasionalisme dan patriotisme. Intinya satu kata yaitu disiplin. Kalau kita disiplin dalam hidup semua akan terwujud," ujar Idris.

Saat ini, lanjut Idris, dirasakan jiwa patriotisme bela negara masih membutuhkan survei secara konprehensif dan terpadu, sehingga hasil survei bisa dijadikan dasar untuk melakukan kegiatan pelatihan dan pendidikan bela negara." jelasnya.

Idris berharap dari kegiatan ini setiap peserta mempunyai rasa tanggung jawab untuk bela negara."Kekuatan utama bela negara adalah TNI Polri, tetapi masyarakt juga harus ditumbuhkan rasa bela negara sebagai kekuatan pendukung," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Hakim Siregar dalam laporannya menjelaskan pelatihan berlangsung selama empat hari, Selasa hingga Jum'at (15-18/10). Adapun materi yang diberikan berupa wawasan kebangsaan, bela negara, idologi negara yaitu Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

"Seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat dan diharapkan para siswa ini dapat menindaklanjuti hasil pelatihan kepada teman-temannya di sekolah," ucap Hakim Siregar.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar