111 Pasien Corona di RSUD Depok Dinyatakan Sembuh


Sawangan, Depok Terkini
Sebanyak 111 pasien positif Coronavirus (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok dinyatakan sembuh.

Menurut Direktur RSUD Depok, Devi Maryori. Semua pasien sembuh tersebut sudah melewati tes swab  dua kali berturut-turut dengan hasil negatif. Serta sudah tidak ada gejala klinis yang dirasakan oleh pasien.

“Pasien dinyatakan sembuh Covid-19 jika sudah swab negatif dua kali berturut-turut baru dipulangkan dan tidak ada gejala klinis lagi  Untuk lamanya perawatan bervariatif, tergantung masing-masing pasien,” jelas Devi, Kamis (28/05/20).

Dia menjelaskan, RSUD Depok merawat pasien Covid-19 sesuai dengan protokol dan standar yang sudah ditetapkan. Dimulai dari sejak pasien dinyatakan suspect Covid-19 kemudian dilakukan skrining dengan rapid test. Selanjutnya, kata Devi,  dilakukan penyelidikan epidemiologis dan hasilnya akan dilaporkan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Devi menambahkan, bila hasil rapid reaktif akan diikuti dengan pemeriksaan swab. Umumnya pasien yang datang ke RSUD Depok dengan keluhan ringan hingga sedang, sehingga tata laksana terapi Covid-19 yang berdasarkan gejala klinis yang ada pada pasien.

“Misal pasien memiliki batuk, pilek, panas, atau sakit kepala, hingga sesak napas atau gejala lain yang dirasa. Kami pun memberi obat sesuai dengan gejala mereka. Selain obat Covid-19 sendiri,” terangnya.

Dikatakannya, selain 111 pasien dinyatakan sembuh sejak tanggal 3 Maret hingga 28 Mei 2020, RSUD Depok juga merujuk enam pasien Covid-19, dan ada empat pasien meninggal dunia. Sedangkan RSUD Depok kini sedang merawat 36 pasien Covid-19.

“Pasien Covid-19 juga kami lakukan pemeriksaan secara berkala, baik pengecekan laboratorium, rontgen. Diiringi dengan melihat perkembangan terapinya, jika semakin baik akan dilakukan pemeriksaan swab hingga dinyatakan sembuh dan boleh pulang,” tutup Devi.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar