Warga Sukabumi Utara Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Lele dari PNJ

Jakarta, Depok Terkini

Puluhan warga di Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat antusias mengikuti pelatihan budidaya ikan lele yang digelar Tim Pengabdian Masyarakat dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dan Kemenristek/Brin, di lingkungan RT 06/10, Kelurahan Sukabumi Utara, Selasa (17/11/20).

Pelatihan bertemakan Pendampingan Budidaya dan Pemasaran Ikan Lele Untuk Meningkatkan Produktifitas Masyarakat" dihadiri Perwakilan Kemenristek/Brin, Hariyanto, Anggota DPR RI Komisi VII, H.Abraham Langgana (Lulung), Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto, Camat Kebon Jeruk, Lurah Sukabumi Utara, Ketua LMK Nurhadi, Ketua UP2MP PNJ, Iwan Susanto, dan pengurus RT RW setempat.

"Terima Kasih kepada Kemenristek yang telah mempercayai PNJ melaksanakan pelatihan ini. Kegiatan ini sudah ke empat kalinya diadakan diantaranya di Depok, Kabupaten Bogor dan Kebon Jeruk," kata Ketua UP2MP PNJ, Iwan Susanto.

Iwan berharap dengan pelatihan ini bisa menghasilkan usaha bagi masyarakat sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk.

Perwakilan Kemenristek/Brin, Haryanto dari Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat mengatakan, sejak adanya pandemi covid-19 banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan berdampak pada pendapatan mereka. Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat adalah dengan budidaya ikan lele.

"Pelatihan budidaya ikan lele ini diharapkan dapat menjadi sentra usaha budidaya ikan lele di wilayah tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi VII Abraham Lunggana mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pertama kali Komisi VII dan Kemenristek/Brin."Banyak sekali CSR yang didapatkan komisi VII, namun sulit untuk diterapkan di Provinsi Jakarta. Pelatihan ini saya dapat dari Kemenristek/Brin, terima kasih untuk Brin," katanya.

Pria yang akrab disapa H. Lulung ini berharap pelatihan budidaya dari PNJ ini bisa dikembangkan oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian."Mohon dukungan dari Camat dan Lurah untuk mensupport budidaya ikan lele ini," pintanya.

Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengatakan pelatihan ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan masyarakat Sukabumi Utara terhadap upaya Komisi VII dan Kemenristek dalam menjembatani program sesuai kebutuhan masyarakat khususnya warga Sukabumi Utara.

"Kita bisa lihat sendiri program yang dilakukan dari Kemenristek bekerjasa dengan Komisi VII serta PNJ. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bermanfaat bagi warga Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk untuk belajar bukan hanya bisa menikmati atau membeli ikan lele. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut," pungkasnya.

Pelatihan budidaya ikan lele tersebut dibuka langsung oleh Direktur PNJ, Zaenal Nur Arifin secara online. Menurutnya,PNJ sebagai perguruan tinggi diwajibkan menjalankan Tri Darma, salah satunya pengabdian kepada masyarakat."Semoga pelatihan ini bermanfaat dan dapat meningkatkan perekonomian warga khususnya di Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat," pungkas Zaenal 

Selain pelatihan budidaya ikan lele, lanjut Zaenal, pihaknya juga memberikan materi tentang pembentukan koperasi, laporan keuangan dan pemasaran produk berbasis internet."Setelah pelatihan, kita akan lakukan monitoring dan evaluasi perkembangan usaha ini. Kita akan terus lakukan pendampingan meskipun program ini telah selesai," tandasnya.

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis peralatan budidaya ikan lele, dan perlengkapan produksi somai ikan lele dari Tim Pengabdian Masyarakat kepada Mitra masyarakat setempat.(wan)

 

Posting Komentar

0 Komentar