Benefit Kuliah di Pendidikan Vokasi

Beji, Depok Terkini

Demi peningkatan mutu  dan kualitas pendidikan vokasi, seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia kini menggandeng Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Terdapat 40 Politeknik dan 12 Unista (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dan Akademi) yang memiliki jalur vokasi bergabung dengan LTMPT.

Sebanyak 351 program studi ditawarkan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, agar tersedianya sumber daya manusia yang unggul dan berdaya serap tinggi di industri,” ujar Wikan Sakarinto 

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdilkbud RI, dalam kegiatan Sosialisasi SNMPTN dan SNMPN di Kampus PNJ, Depok, Minggu (17/01/21)

Menurutnya, tahun 2021 menjadi tahun pertama bagi jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan mengikuti seleksi LTMPT, sementara jenjang Diploma III melalui SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri) dan SMBPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri) yang diselenggarakan FDPNI (Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia).

Pendidikan vokasi kini makin mengemuka dengan berbagai pilihan program studi yang ditawarkan. Ciri khas pada pendidikan vokasi lebih banyak praktik, menjadi keuntungan tersendiri. Pelatihan langsung di dunia kerja membuat vokasi satu langkah lebih maju.

Keuntungan lainya seorang sarjana terapan atau diploma memiliki kesempatan diterima bekerja lebih tinggi karena keahlian yang dimiliki benar-benar spesifik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau instansi tertentu. 

“Untuk mewujudkan pembangunan SDM Vokasi, dibutuhkan institusi pendidikan vokasi yang berkualitas. Ke depan kita akan melihat antrean masuk SMK, Politeknik, maupun Unista Vokasi. Di sana mereka akan mendapatkan pengalaman dan praktik kerja yang kuat, sebagai modal karier masa depan mereka nantinya,” tutur Wikan Sakarinto optimis.

Sementara itu, Ketua FDPNI, Zaenal Arief mengatakan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) membuka 5 jalur seleksi penerimaan.mahasiswa melalui SNMPTN, SNMPN, SBMPTN, SBMPN dan Ujian Mandiri PNJ. Untuk empat jalur seleksi mengikuti tatacara dari LTMPT dan FDPNI yang sudah dimulai pendaftaranya pada Januari ini, sementara Ujian Mandiri menyusul Juli mendatang.

Jalur penerimaan dan pendaftaran mahasiswa baru selengkapnya dapat diunduh di https://pnj.ac.id/ atau https://politeknik.or.id atau https://ltmpt.ac.id. Atau folow saja Instagram PNJ di politekniknegerijakarta 

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana Eksekutif LTPMT, Prof. Budi P Widyobroto menyatakan Politeknik sudah menjadi satu kesatuan, jadi semua kegiatan itu sama antara Universitas dan Politeknik sama. “Seluruh kebijakan akan sama, karena kami menerapkan single sign on untuk semua akun. Para calon pendaftar di SNMPTN, SBMPTN dan UTBK hanya perlu memiliki akun LTMPT, sehingga segala sesuatu dapat terlacak dan terdata,” terangnya.

Lebih lanjut Ia mengingatkan, agar sekolah segera mengecek status pendataannya di Dapodik dan Pusdatin. Karena jika mengikuti seleksi dari LTMPT,  kedua data tersebut yang akan digunakan dalam menentukan kuota sekolah dan sebagainya.

“Kami siap mendukung program Diksi untuk memperluas jangkauan pendidikan tinggi vokasi di Indonesia. Tak ada pembedaan, baik akademik maupun vokasi, semua bisa mendaftarkan diri di LTMPT dan memilih program studi yang sesuai dan linear,” tegasnya.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar