Lestarikan Tradisi, Lebaran Depok Dihidupkan Lagi

Balaikota, Depok Terkini

Dalam upaya melestarikan tradisi dan kebudayaan Depok, Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) menggelar acara Lebaran Depok tahun 2021 secara virtual, Kamis (10/06/21)

Kegiatan bertemakan "Nyorog ke Baba Wali dan Cing Wakil Walikota Depok" dihadiri para perwakilan Kood disetiap wilayah.

Menurut Ketua Lebaran Depok, Maksum, kegiatan ini bertujuan melestarikan tradisi kebudayaan Depok kepada masyarakat. Salah satunya Nyorog ke Baba Wali dan Cing Wakil Walikota Depok" atau silaturahmi dan membawa sejumlah makanan tradisional kepada pimpinan Kota Depok."Semoga dengan kontribusi yang kami lakukan ini, kebudayaan di Kota Depok lebih maju dan dikenal luas," katanya.  

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan esensi lebaran Depok adalah silaturahim masyarakat dengan para pemuka dan tokoh masyarakat. Namun ada level atau tingkatan dalam budaya silaturahim lebaran Depok."Pada level diatas kecamatan, kota atau provinsi namanya Nyorog (antaran). Intinya bawaannya sama. Kalau sesama warga namanya antar-antaran. Nyorog itu Filosofinya silaturahim dengan para orang tua dengan membawa makanan," ujar Idris di Balaikota Depok.

Dikatakan Idris, kegiatan lebaran Depok sudah kali kedua dilaksanakan. Namun belum bisa dibuat rutin karena belum masuk dalam program rutin Kood."Rencana program tergantung dari rapat kerja Kood. Kalau sudah terencana kedepan bisa ada support dari pemerintah ataupun dari perusahaan. Namun harus jelas rencana kerjanya," ungkapnya.

Sementara itu, kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Wijayanto menambahkan, kegiatan lebaran Depok merupakan salah satu peningkatan aspek kebudayaan yaitu karekater bangsa dan leluhur."Budaya menjadi salah satu visi dan misi di Kota Depok. Mudah-mudahan upaya yang dilakukan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya daerah," pungkasnya.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar