Menjalani Hidup di Dalam Masalah

(Sumber foto : Unsplash)

Beji, Depok Terkini

Ketika kita berada dalam masalah yang tak hentinya berhenti, lalu kamu harus apa?

Saranku begini, sudah banyak mungkin macam-macam quotes yang berhasil mempengaruhi otakmu. Menyemangati dalam kata adalah hal terbaik yang bisa orang lakukan tanpa mengenal bahkan melihatmu. Satu hal yang harus kau ketahui adalah berbagai masalah yang kau alami bukan berarti tidak dialami orang lain. Kita berdiri di tanah, membutuhkan air, dan bernafas pada bumi. 

Menganggap masalah adalah hal berat adalah benar. Tidak semua orang berhasil melewati hari ini. Namun, kau bisa di titik ini bukan? Kau bisa membaca tulisanku bukan? Tuhan telah mempertemukan kita dalam tulisan dan harus kubilang aku pun memiliki banyak kesulitan.

Tak perlu aku tahu masalahmu, ada berbagai macam masalah di dunia ini dan aku tak mungkin bisa mengerti kegelisahanmu. Tapi aku tahu, hal yang kau alami kali ini berat sekali, sesak di hati dan ingin pergi saja dari masalah ini. Menangislah sekuat hatimu, marahlah kali ini pada masalah yang menyakiti hatimu. Namun, jangan pernah menyalahkan dirimu sendiri. Berjanjilah, sebanyak apapun masalahmu yang bisa menyelesaikan itu hanya dirimu sendiri. Jika kau saja tidak mempercayai hal itu? Bagaimana bisa menaklukan ujian yang diberikan Tuhan?

Aku tahu kau patah, aku tahu kau ingin menyerah. Berkali-kali berkata “kenapa aku yang mengalami hal seperti ini? Mengapa aku yang merasa sesakit ini sendiri? Mengapa aku harus menerima luka hati?,” ucapmu dalam hati.

entah masalah yang bagaimana dan seperti apa, keluarga, teman maupun percintaan. Masing-masing memiliki tingkat sakit yang berbeda-beda namun tetap sama bila kita berkaca. Hal yang dapat melawan dirimu sendiri dengan seperti apa kamu menyelesaikannnya. Bagaimana mengatasinya, sakit yang kau salahkan menjadi bahagia yang tak terkirakan. 

Kegagalan adalah hadiah tersembunyi dari masa depan. tak ada yang bisa memastikan bahkan menjaminkan hadiah kebahagiaan yang seperti apa. Perlu kau tahu siapapun yang sedang mengalami hal ini adalah dia yang paling kuat untuk menempuh berbagai rintangan baru di masa depan. 

Tidak semua orang mempercayai indah pada akhirnya, tidakkah kamu begitu sekarang? Namun kau tetap bisa menyelesaikannya. Tertampar habis-habisan bahkan teramat sakit untuk diceritakan. Kau bisa berdiri sampai sekarang? Mempelajari hal yang mustahil untuk kau selesaikan.

Menangislah dan tertawalah untuk menjalani semuanya. Dunia hanya berupa ujian-ujian yang sering kau lupakan. Cintailah hidupmu mulai kini hingga kau bisa menikmati sedihmu sendiri. Hingga hal yang tak pernah terucap dan tidak disangka kau bisa menyelesaikan masalah dalam sekejap.

Berikan warna dalam hidupmu sendiri, sadarlah untuk mencintai kehidupanmu sekarang bahwa kau tetap bisa menyelesaikan. Walaupun sepi, sendiri, kau akan mati tanpa siapapun dan kau bisa belajar dari sini. 

Aku, kamu, tidak ada yang tahu bagaimana kehidupan akan mempermainkan. Mencoba dan belajar dari kesalahan adalah hal yang bisa kau lakukan sekarang. Aku ingin menjadi teman untuk masalahmu sekarang, aku yakin kau pasti bisa menyelesaikan.

Semangat untuk kehidupanmu ke depan, tak ada yang tahu akan bagaimana, berusaha lebih baik dari sekarang jangan menunda sesuatu hal baik dalam benakmu. Setiap orang bisa menyelesaikan kisah hidupnya, namun  bagaimana dengan ceritanya, baik atau tidaknya kaulah penentu hidupmu.

(Muhammad Syahrul Ramadhan / Politeknik Negeri Jakarta)


Posting Komentar

0 Komentar