Pengabdian Kepada Masyarakat. Dosen PNJ Berikan Pelatihan Puluhan Guru TK di Depok

Sawangan, Depok Terkini

Sebanyak 20 guru Taman Kanak (TK) di wilayah kecamatan Sawangan antusias mengikuti pelatihan Optimalisasi Komunikasi dan Pelayanan Prima melalui Konsep 3A yang diberikan para Dosen jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dalam rangka program pengabdian kepada masyarakat.

Ketua jurusan Administrasi Niaga PNJ sekaligus Ketua pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis dosen tahun 2021, Dr. Dra. Iis Mariam, M.Si mengatakan,  sebagai dosen wajib melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan hal rutin dilakukan setiap satu tahun sekali dengan pendanaan berasal dari anggaran DIPA PNJ 2021 kepada masyarakat. 

Ia mengatakan, Dunia pendidikan saat ini dituntut untuk adaptif dalam era globalisasi dan teknologi. Pola pelayanan pada pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi membutuhkan pelayanan pengajaran dan pendidikan yang komprehensif, berkualitas dan professional. Pola pendidikan dan pengajaran tidak akan berhasil tanpa dilengkapi dengan pola pelayanan dari staf administrasi, guru dan kepala sekolah kepada siswa, orang tua siswa, teman sejawat serta kepada masyarakat.

"Pelayanan yang ramah menggunakan konsep 3A (attention, action dan attitude) merupakan pelayanan yang dapat diimplementasikan dalam administrasi pendidikan sehingga pola pengajaran menjadi lebih terukur dan sistematis," katanya di TK Islam Kamila Insan Cita, Jalan Abdul Wahab, Kelurahan Cinangka, Sawangan, Depok, Senin (23/08/21)

Menurutnya, pengembangan diri, pelayanan prima dan potensi guru TK dalam proses pelayanan dan pembelajaran masih harus ditingkatkan."Hasil pengabdian ini diharapkan adanya transfer pengetahuan dan pengalaman dalam pola  pengajaran, cara menggali potensi diri, teknik berkomunikasi dan pelayanan prima untuk meningkatkan kualitas pribadi yang kokoh melalui self development sehingga kualitas pembelajaran menjadi kreatif dan inovatif," harapnya.

Sementara itu, Ai Miswati, S.Pd selaku Ketua Ikatan Guru Taman Kanak Kanak (IGTK) Kota Depok, menyampaikan dalam masa pandemi Covid-19, peran dari staf administrasi, Guru dan kepala sekolah di TK harus tetap menjaga pelayanan kepada orang tua siswa, siswa, teman sejawat dan atasan dengan mengedepankan konsep pelayanan prima sehingga yang diberikan pelayanan merasa puas.

"Terima kasih atas pelatihan yang diberikan dosen jurusan Administrasi Niaga Polikteknik Negeri Jakarta. Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas para guru TK di Depok," tandasnya.

Dalam kesempatan itu beberapa dosen juga memberikan materi diantaranya Titik Purwinarti, S.Sos., M.Pd, dan Lieke Puspa., S.Sos sebagai praktisi.

kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis dosen PNJ diakhiri dengan memberikan bantuan alat peraga belajar kepada TK Islam Kamila Insan Cita dan TK Permata Plus.(wan)



Posting Komentar

0 Komentar