Peduli Lingkungan, Tim Pengmas PNJ Bangun Instalasi Pengolah Cuka Kayu

 

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi D3 Konstruksi Gedung Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta 

Beji, Depokterkini.com

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) program studi (Prodi) D3 Konstruksi Gedung jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) membuat bangunan Instalasi Pengolah Cuka Kayu di Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, pada Sabtu (20/08/21) lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan di wilayah Kelurahan Beji Timur yang masih asri namun terdapat banyak tumpukan sampah seperti sampah kayu, ranting pohon dan daun kering.

Menurut Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Prodi D3 Konstruksi Gedung Jurusan Teknik Sipil PNJ, Imam Hariadi S., S.T., M.M., M.B.A. pembuatan bangunan Instalasi Pengolah Cuka Kayu dilakukan setelah melihat permasalahan masyarakat di wilayah Beji Timur yang membutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan sampah yang semakin menumpuk.

"Pembuatan Instalasi Pengolah Cuka Kayu ini merupakan wujud kepedulian Politeknik Negeri Jakarta pada masyarakat dan juga sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Pengabdian kepada Masyarakat”, ujar Imam didampingi Sekretaris Jonathan Saputra, S.Pd., M.Si.  dan Bendahara Lilis Tiyani, S.T., M.Eng, serta seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi D3 Konstruksi Gedung Jurusan Teknik Sipil PNJ.

Lebih lanjut Imam menjelaskansolusil membuat instalasi pengolahan sampah kayu/ranting/daun kering  menjadi cuka kayu. Karena Cuka kayu yang dihasilkan nantinya dikemas ke dalam botol dan dapat menjadi produk berkesinambungan serta  membantu memberdayakan masyarakat setempat.

Selain membuat instalasi pengolah cuka kayu, kata Imam, Tim Pengmas Program Studi D3 Konstruksi Gedung Jurusan Teknik Sipil PNJ juga memberikan bantuan berupa tempat cuci tangan portable dan disinfektan untuk Masjid dilingkungan sekitar.

Setelah pembuatan bangunan Instalasi Pengolah Cuka Kayu selesai langsung dilakukan uji coba sistem distilasi I dan II. Hasilnya berupa produk cuka kayu dan diberikan secara simbolis dari tim pelaksana pengabdian dengan mitra pengabdian. (wan)

Posting Komentar

0 Komentar