Dosen dan Mahasiswa PNJ Berikan Pelatihan Penerapan Akuaponik Berbasis PLTS

 

Bogor, Depokterkini.com

Tim Dosen dan Mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Leuwi Karet, Kampung Guha Kulon, Klapa Nunggal Kabupaten Bogor, Sabtu (09/10/21).

Kegiatan bertemakan peningkatan ekonomi dan gizi dengan penerapan akuaponik berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini diikuti puluhan warga dan pengurus RW setempat.

Ketua tim pengmas Program Studi Teknik Listrik Jurusan Teknik Elektro PNJ, Dezetty Monika, S.T., M.T. menjelaskan, 

dalam kegiatan ini diserah terima satu set peralatan sistem akuaponik dengan menggunakan panel surya.

"Kita pilih penggunaan panel surya karena sebagian besar lokasi di Desa Leuwi Karet belum memiliki jaringan listrik PLN yang memadai serta potensi energi lainnya seperti angin atau air tidak tersedia," jelas Monika.

Menurutnya, listrik yang dihasilkan dari panel surya akan digunakan untuk menggerakkan pompa yang akan menghasilkan sirkulasi air  dari kolam ikan dan mengalir ke akar-akar tanaman yang berada dijalur air pipa.

"Sistem ini digunakan untuk mengembangbiakkan 100 ekor bibit ikan lele dan bibit tanaman seperti kangkung, selada, pakcoy serta sayuran hijau lainnya," kata Monika lagi.

Dikatakan, sistem akuaponik menerapkan konsep keseimbangan antara ikan di kolam, tanaman dalam air yang disirkulasikan melalui pipa dari air kolam dan bakteri yang diuraikan menjadi pupuk alami bagi tanaman. 

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kondisi perekonomian dan gizi masyarakat setempat. Sistem akuaponik ini dapat dijaga sehingga dapat dirasakan manfaatnya untuk jangka panjang," tutup Monika.(wan)

 

Posting Komentar

0 Komentar