PNJ Revitalisasi Sarana Air Bersih dan Fasilitas Umum Warga Klapa Nunggal

 

Bogor, Depokterkini.com

Dalam upaya meningkatkan  potensi desa saat pasca pandemi Covid-19, Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pasca Sarjana Teknik Elektro (MTTE)  Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat bertemakan "Air Bersih Dan Fasilitas Umum di  Kampung Guha Kulon, Desa Leuwikaret, Kecamatan Klapa Nunggal, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Assosisasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI), PT TDE (Trisurya Daya Elektrikal) dan PT SKPI (Sertifikasi Kompetensi Profesionalis Indonesia).  

Menurut Ketua Tim Pengmas MTTE Dr. Tossin Alamsyah, MT. Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kampung Guha Kulon pada tahun 2021 ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya.

Pertama tahun 2019, kegiatan Revitalisasi sarana Belajar dan Pembangunan ruang perpustakaan di Madrasah Ibtidaiyah Miftachul Ulum yang dilaksanakan Mahasiswa MTTE Angkatan ke-2 , bersama partner dari Assosisasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI). 

Kedua tahun 2020 saat kondisi pandemi covid-19 dilaksanakan oleh Mahasiswa MTTE Angkatan ke-3 dengan memberikan bantuan sosial sembako dan dua unit waatafel untuk masyarakat di lingkungan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftachul Ulum, Kampung Guha Kulon.

Ketiga tahun ini (2021) dilaksanakan oleh Mahasiswa MTTE Angkatan ke-4 secara tatap muka karena pandemi mulai menurun. Kegiatan dimulai sejak Juli sampai September 2021 yaitu : 

1. Pembangunan jaringan pipa air dari sumber mata air di sekitar Mesjid Darul Mu’minin ke lingkungan sekolah MI Miftahul Ulum sekira 100 meter dengan elevasi 30 derajat.

2. Pembangunan toilet dua pintu dengan pembuangan limbah ke septic tank." Ini menarik karena pada awalnya limbah tersebut disalurkan ke selokan. Bangunan toilet ini di tempatkan di Masjid Darul Mu’Minin," jelas Alamsyah.

Selanjutnya, pembangunan instalasi air bersih berupa tabung filter dengan material penyaring silika, mangan dan carbon aktif, terpasang secara seri dua tabung kapasitas 2 liter/detik  ditempatkan di halaman mesjid darul mu’minim.

Sementara itu, Yayang selaku Ketua RW setempat menyambut kegiatan baik kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Pasca Sarjana Teknik Elektro (MTTE) PNJ. Dia berharap  potensi di desanya bisa dioptimalkan dan memilki nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat dan lingkungannya, khususnya dalam pengeleloaan sumber mata air yang ada saat ini.

"Semoga dengan adanya jaringan pipa air dan instalasi penjernih air ini, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari," harapnya.

Kegiatan berakhir pada 19 September 2021 dan ditutup oleh Ketua Program studi Dr. Isdawimah MT, ditandai dengan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Ketua Angkatan 4 mahasiswa MTTE, Dendhy Widiyantoro, serta perwakilan Mahasiswa MTTe angkatan 4.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar