Tim Dosen PNJ Berikan Pelatihan Pembuatan Video Sebagai Media Ajar

 

Bogor, Depokterkini.com

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Kelompok Dosen (PKMKD) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memberikan pelatihan pembuatan video sebagai media ajar kepada guru Sekolah Dasar (SD) Cihideung ilir 1, SD Bojong dan MI Tarbiyatul Falah di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor pada 18 September 2021.

Septina Indrayani, selaku Ketua pelaksana PKMKD PNJ menjelaskan, program Pengabdian Kepada Masyarakat adalah kontribusi kampus untuk membantu meningkatkan kualitas suatu program demi memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

Tim kegiatan ini merupakan gabungan para Dosen dari Program Studi Teknik Otomasi Listrik Industri (TOLI) dan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (BISPRO).

Menurut Septina, pelatihan pembuatan video sebagai media ajar khususnya pada pembelajaran secara daring merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas pengajaran jarak jauh seperti pembelajaran Bahasa Inggris melalui video untuk siswa SD dan MI di Kabupaten Bogor.

"Guru-guru banyak yang menyampaikan keluhan dari murid-muridnya dengan sistem pembelajaran yang membosankan," jelas Septina.

Dalam pelatihan ini, lanjutnya para peserta dilatih membuat storyboard untuk pembuatan video ajar. Peserta juga diajarkan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis daring.

"Para guru antusias membuat video ajar menggunakan green screen sehingga tampilan latar belakang video dapat diubah dengan aplikasi untuk menjadi lebih menarik," ungkapnya.

Usai pelatihan, semua peralatan pendukung pembuatan video yaitu Satu set green screen, tripod, wireless microphone diberikan kepada masing - masing sekolah yang mengikuti pelatihan ini. 

“Kami berharap peralatan ini bisa tetap digunakan dalam pembuatan video ajar tidak hanya pada pelajaran Bahasa Inggris tetapi juga pelajaran lainnya.” harap Septina seraya menambahkan pelatihan pembuatan video ajar ini memberikan dampak positif kepada para guru, tidak hanya menambah wawasan  dan keahlian terhadap teknologi tetapi juga meningkatkan daya kreatif khususnya dalam pembuatan video ajar.

Kepala Sekolah SD Cihideung Ilir 01, Rohaeti mengucapkan terima kasih atas pelatihan dan pemberian alat kepada sekolah."Mudah-mudahan dari pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas guru dan mutu pendidikan di sekolah," tutupnya.(wan)

 


Posting Komentar

0 Komentar