Tokoh Masyarakat dan Agama Berperan Penting Ciptakan Kondusifitas Wilayah

 

Sawangan, Depokterkini.com

Kecamatan Sawangan menggelar kegiatan sosialisasi Harmonisasi Hubungan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama di Aula Kecamatan Sawangan, Depok, Kamis (16/12).

Kegiatan menghadirkan narasumber Kepala Kantor Kesbangpol Drs. Muhammad Nur Hakim Siregar, M. Si, dan Wakil Ketua Umum (Waketum) MUI Depok Syamsul Yakin.

Sekertaris kecamatan (Sekcam) Sawangan, Rizal Farhan dalam sambutannya mengatakan hubungan harmonisasi tokoh Agama dan tokoh Masyarakat sangat penting dan krusial. Para tokoh ini merupakan corong masyarakat dan sebagai kepanjangan tangan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat."Untuk menjalankan pembangunan kita perlu dukungan dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama”, kata Rizal.

Pentingnya hubungan dengan para tokoh, kata dia lantaran tokoh bisa menyampaikan program Pemerintah, hingga tingkat masyarakat paling bawah, serta mewakili pemerintah dalam menyelesaikan konflik secara persuasif dan kearifan lokal.

“Seperti program vaksinasi, dengan adanya dukungan para tokoh, tingkat vaksinasi sekarang ini bisa mencapai 75 persen”, ungkapnya.

Kecamatan Sawangan, urainya bukan ingin memerintah melainkan membangun sinergitas yang baik, agar semua faham konteks wilayah sehingga tercipta kondusifitas.

“Sebagai tokoh, bagaimana memberikan keteduhan di masyarakat, sehingga Depok menjadi kota yang Rahmatan lil alamiin, kita saksikan sendiri, Kota Depok di pimpin oleh Walikota Mohammad Idris, yang juga merupakan seorang Kiai. Maka kita sebagai muslim, harus menjadi rahmat bagi masyarakat sekitar, bukan timbulkan konflik di masyarakat”, tuturnya.

Dengan kegiatan tersebut, dia berharap kondusifitas antar umat beragama di masyarakat Sawangan khususnya, semakin meningkat, sehingga terwujud Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera.

Ditempat yang sama, Waketum MUI Syamsul Yakin dalam paparannya menyampaikan ada tiga peran tokoh agama dan masyarakat dalam harmonisasi yakni, Menciptakan kohesivitas sosial, Katalis perdamaian dan Problem Solving atau Pemberi Jalan Keluar.

Menurutnya, tokoh agama dan tokoh masyarakat punya peran penting dan signifikan, untuk bersama-sama membangun kondusifitas sosial, agar masyarakat tentram, damai, guyub, dan tenang tinggal d Sawangan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok M.N.Hakim Siregar dalam materinya berjudul p

"Peran Tokoh Agama dan Masyarakat Dalam Mewujudkan Kondusifitas di Kota Depok mengatakan

penduduk Kota Depok yang beraneka ragam,  kerawanan dan potensi timbulnya konflik berdampak pada kondusifitas wilayah." Peran para tokoh sangat penting dalam membantu pemerintah untuk meredam dan menghilangkan terjadinya konflik ditengah masyarakat serta menyelesaikan persoalan melalui pendekatan Agama dan musyawarah”, pungkas Hakim Siregar.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar