Dandim Depok Imbau Warga Waspada Hadapi Cuaca Ekstrem

Istimewa

Pancoranmas,Depokterkini.com

Komandan Kodim 0508/Depok Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam beraktivitas. Imbauan tersebut disampaikan Kolonel Inf Elvino berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengingatkan adanya potensi cuaca ekstrem.

“Saat ini Kota Depok sedang menghadapi musim angin kencang mungkin hingga beberapa hari ke depan dikarenakan adanya peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Oleh sebab itu, saya mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada,” kata Kolonel Inf Elvino, Selasa (08/03/22).

Selain itu, ujar Dandim, harus diwaspadai juga pohon-pohon yang sudah tua dan rawan tumbang. Karena berbahaya apabila patah atau tumbang dapat menyebabkan kecelakaan dan membawa korban, baik materiil maupun individu.

“Jadi agar bisa dihindari tempat-tempat yang kemungkinan berbahaya untuk dihindari,” tuturnya.

Dandim menuturkan, mitigasi bencana dilakukan Kodim Depok sebagai langkah antisipatif, salah satunya menyiagakan sumber daya personel yang ada. Kemudian di tingkat kecamatan, Komando Rayon Militer (Koramil) juga sudah diinstruksikan untuk memantau lokasi rawan bencana.

"Kami petakan lokasi-lokasi rawan bencana di Kota Depok. Prinsipnya Kodim Depok siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upaya penanggulangan bencana," jelasnya.

Dandim menambahkan, koordinasi dengan Pemkot dan Polres Metro Depok selama ini sudah terjalin dengan sangat baik. Sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat seperti membersihkan lingkungan juga sering kali digelar. 

"Itu karena setiap upaya yang kami lakukan butuh peran aktif masyarakat, mulai dengan menjaga kebersihan lingkungan mereka. Dan yang utama kami akan selalu siap membantu masyarakat Kota Depok,” pungkasnya.(ndi)




Posting Komentar

0 Komentar