Kelurahan Suryatmajan Usung Produk Jambu dan Pengolahan Sampah Jadi Inovasi Unggulan Dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional

 

Jakarta, Depokterkini.com

Lurah Suryatmajan, Kecamatan Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Weda Satriya Negara menjelaskan beberapa inovasi dan program unggulan kelurahan Suryatmajan kepada Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2022 di Gedung C lantai II, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Raya Pasar Minggu KM.19, Jakarta Selatan, Senin (12/09/22).

Ia menjelaskan program unggulan tersebut diantara produk jambu yang berhasil membuat sebanyak 25 turunan produk jambu air."Di Kampung Jambu, masyarakat menanam buah jambu air dengan beragam jenis dari pohon yang ditanam warga. Hasil dari buah jambu yang ditanam warga juga diolah menjadi berbagai macam makanan seperti sirup jambu, kurma jambu, teh jambu, dendeng jambu, pudding jambu, selai jambu, sambel jambu, setup jambu serta naget jambu," ulasbya.

Selain itu, lanjut Weda, program unggulan lain adalah penanggulangan sampah menggunakan eco enzim dan Losida (Lolodong sisa dapur). "Sampah itu kita berdayakan menjadi produk berupa sabun dan sebagainya, sehingga bermanfaat," tuturnya.

Weda menjelaskan semua program unggulan tersebut merupakan bukti sinergi dari semua element masyarakat." Jadi bukan hanya dari pemerintah kota melalui kelurahan tetapi juga melibatkan masyarakat," ungkapnya.

Weda berharap dalam lomba ini wilayahnya bisa menjadi yang terbaik sehingga menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lain. Targetnya bisa juara," tutupnya.

Walikota Yogyakarta, Sumardi 

sangat mendukung apa yang dilakukan Lurah Suryatmajan dengan inovasi dan program unggulan karena itu merupakan program berkelanjutan.

Sumardi juga mengapresiasi lomba desa dan kelurahan tingkat regional yang digelar Kementerian Dalam Negeri

karena dapat memotivasi para Lurah  untuk berpacu menyampaikan inovasi yang dimiliki demi kepentingan masyarakat di wilayah masing-masing.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar