Bahas Pilkades Jelang Pemilu. Ketua DPRD Konawe Selatan Audiensi Dengan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

 

Jakarta, Depokterkini.com

Ketua DPRD Konawe Selatan Irham Kalenggo melakukan audiensi ke Dirjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo, di Kantor Ditjen Bina Pemdes, Jakarta, Rabu (12/10/22).

Pertemuan tersebut membahas beberapa hal terkait penyelenggaraan pemerintahan desa di Konawe Selatan terutama pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Selain itu, kunjungan DPRD Konawe Selatan ini juga memantau rencana moratorium Pilkades menjelang Pemilu 2024 dari Ditjen Bina Pemdes. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dirjen Bina Pemdes atas waktunya. Ada beberapa persoalan terkait Pilkades mendekati Pemilu Legislatif dan Presiden. Mudah-mudahan dalam waktu dekat melalui Kemendagri, sudah ada peraturan teknis pelaksanaan Pilkades saat Pemilu," kata Ketua DPRD Konawe Selatan Irham Kalenggo.

"Dengan adanya peraturan supaya kepala desa yang berakhir masa jabatannya, segera mendapat kepastian, pada prinsipnya, kami mengikuti regulasi dari Kemendagri," tambah Irham

Ditempat yang sama, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo menerangkan terkait pelaksanaan Pilkades menjelang Pemilu 2024, saat ini Ditjen Bina Pemdes tengah menyiapkan kebijakan moratorium Pilkades.

"Semoga ketentuan peraturan pelaksanaan Pilkades menjelang pemilu, dapat segera ditetapkan, dan akan segera disampaikan," ujar Yusharto. 

Ia mengungkapkan dalam pertemuan ini turut membahas terkait pemberhentian kepala desa, hingga pelaksanaan Pilkades sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Pemerintah No 47 Tahun 2015 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar