Deklarasikan ODF 100 Persen. Idris : Jangan Hanya Diucapkan

 

Balaikota, Depokterkini.com

Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kesehatan melakukan deklarasi Open Defecation Free (ODF) 100 persen pada Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Depok di Aula Teratai Balai Kota Depok, Jumat (30/09/22). Deklarasi tersebut dihadiri oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris, Ketua Forum Kota Depok Sehat (FKDS) Bunda Elly Farida, Sekretaris Daerah Supian Suri, serta 22 Lurah dan 11 Camat se-Kota Depok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, dr. Mary Liziawati mengatakan, untuk mewujudkan misi Kota Dep9k dalam RPJMD 2021-2026 adalah mewujudkan Kota Depok yang sehat, aman,;tertib dan nyaman.

Melalui penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) terdapat 5 pilar utama  yaitu pertama, ODF atau stop buang air besar sembarangan. Pilar ini sangat strategis karena berpengaruh terhadap angka pesakitan khususnya stunting.

Saat ini, kata Merry, Kota Depok telah memiliki 41 dari 63 kelurahan yang telah bebas buang air beaar sembarangan."Hari ini diadakan deklarasi ODF 22 kelurahan, sehingga 63 kelurahan di Kota Depok seluruhnya sudah ODF. Hal ini menjadikan Kota Depok ODF seratus persen," ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ini sangat strategis karena dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan kesehatan yaitu 

Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya ditandai dengan menurunnya angka kematian ibu dan menurunnya stunting di Kota Depok.

Pembacaan Deklarasi ODF dipimpin oleh Lurah Depok dan Camat Tapos diikuti para lurah dan camat disaksikan Walikota Depok, Mohammad Idris.

"Deklarasi jangan hanya sekedar diucapkan dengan kata-kata, tetapi apa yang diucapkan itu yang harus dilakukan. Kesesuaian antara hati, motivasi dan sikap prilaku itu merupakan kata kunci sekaligus esensi kejujuran dari deklarasi saat ini." pungkas Idris.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar