Perkuat Basis Usaha Masyarakat Untuk Kendalikan Inflasi

Jakarta, Depokterkini.com

Dirjen Bina Pemdes, Kementerian Dalam Negeri, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd menerima kunjungan kerja aparatur pemerintahan Desa Guwosari, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Rabu  (7/09/22) di Gedung A Lantai 1 Kemendagri Pusat.

Turut dalam Kunjungan kerja tersebut Bupati Bantul H. Abdul Halim Musli, Kepala Balai Yogyakarta, Drs. Ari Sumartana M.Si,  Plt. Kadis PMD Kabupaten Bantul, Drs. Kurniantoro. M.Si, Camat kecamatan Pajangan, Anjar M.Si, dan Kepala Desa Guwosari, Masduki Rahmad S.IP beserta perangkat Desa.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto Huntoyungo, memberikan pengarahan umum kepada pemerintahan Desa terkait isu strategis penyelenggaraan pemerintahan desa dan  pengendalian Inflasi di Desa.

Yusharto pun mengarahkan untuk memaksimalkan Peran Pemerintah daerah dan desa untuk terus bersinergi dalam menjaga alur distribusi dan penyeimbangan produk yang dikonsmusi masyarakat agar tidak terjadi lonjakan harga.

Yusharto menekankan terkait Mitigasi Inflasi di Desa dengan memperkuat basis usaha masyarakat yang sebagian besar adalah petani, menjaga supply change serta menggunakan biaya tidak terduga (BTT)  untuk membantu menjaga kestabilan perekonomian di desa.

Selain itu, Yusharto juga mengarahkan masyarakat untuk selalu meningkatkan Produksi  tanaman cepat panen dalam berkontribusi bagi perekonomian di desa.

Yusharto Huntoyungo mengarahkan pemerintah Desa untuk melihat pos-pos anggaran APBDesa kategori 20% pangan dan hewani untuk dimaksimalkan dalam pengendalian inflasi di desa.

Didalam kegiatan ini disampaikan juga mengenai Pengawalan Posyandu dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bantul Khusunya Desa Guwosari yang sudah masuk kedalam Zona Hijau. Yusharto selaku Dirjen Bina Pemdes Juga Mengapresiasi Desa Guwosari yang mampu menjadi juara lomba evaluasi desa tingkat kabupaten Bantul.

Terakhir Yusharto menyampaikan program yang akan digalangkan pada tahun 2023 untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas perangkat desa di Kabupaten Bantul.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar