Tingkatkan Kegiatan Statistik. Walikota Padang Canangkan Pembinaan Kelurahan Cantik

Padang, Depokterkini.com

Guna meningkatkan kegiatan statistik di lingkup desa/kelurahan. Pemerintah Kota (Pemkot) Padang bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang mencanangkan Pembinaan Kelurahan Cinta Statistik, CANTIK sebagai Wujud Komitmen dan Kecintaan Kita Kepada Bangsa dan Negara.

Pencanangan Kelurahan Cinta Statistik ini dilakukan oleh Wali Kota Padang di Aula Kantor Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatra Barat,  Senin (3/10/2022).

Wali Kota Padang, Hendri Septa menjelaskan, menurut UUD Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang SATU DATA INDONESIA (SDI). Pemerintah Desa / Kelurahan menjadi penyelenggara kegiatan statistik di wilayahnya masing - masing, sehingga peran Desa / Kelurahan sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting.

"Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang sebagai lembaga Pemerintah yang memiliki kewajiban dalam hal pengembangan statistik di Indonesia, tentunya harus mampu berkontribusi dalam penguatan kegiatan statistik," kata Wali Kota.

Tujuan dari pembinaan Kelurahan Cantik, lanjut Hendri,  adalah Program Peningkatan Kapasitas Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Statistik kepada Desa / Kelurahan yaitu : 1.Meningkatkan Literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat Desa / Kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. 2. Standarisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan. 3. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran, dan 4. Membentuk Komunitas Statistik pada Level Desa / Kelurahan.

"Alhamdulillah hari ini BPS telah menetapkan Pembinaan Kelurahan Cantik di Tahun 2022 sebanyak 3 ( Tiga ) Kelurahan, yaitu : 1. Kelurahan Andaleh di Kec. Padang Timur. 2. Kelurahan Ulak Karang Selatan di Kec. Padang Utara dan 3. Kelurahan Lolong Belanti di Kecamatan Padang Utara," ungkapnya.

Hadir dalam acara pencanangan tersebut, Asissten Pemerintahan Edi Hasymi, Asissten Pembangunan Didi Aryadi, Assisten Administrasi Umum Corri Saidan, Anggota DPRD Kota Padang Faisal Nasir, Kepala Dinas DLH Mairizon, Plt Kepala Dinas Diskominfo Al Amin, Camat Padang Utara Pagara, Kepala Dinas Dukcapil Teddy Oktavianus, Kabag Tata Pemerintahan Imral Fauzi, Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Ferry, Camat Padang Timur Siska Meilani, dan juga semua Lurah di Kawasan Kecamatan Padang Utara.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar