Data Epdeskel Penting Untuk Ketahui Perkembangan Desa

 

(foto : istimewa)

Barito Timur, Depokterkini.com

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial  (DPMDSos) Kabupaten Barito Timur, Barnusa menegaskan, pengisian data pada aplikasi Epdeskel penting untuk mengetahui perkembangan desa. 

Hal itu disampaikan Barnusa menanggapi kegiatan pembinaan pengisian data Epdeskel secara online yang dilakukan beberapa hari lalu di Kecamatan Paku. Menurutnya, Aplikasi Epdeskel adalah aplikasi yang digunakan untuk mengisi evaluasi perkembangan desa dan kelurahan guna menentukan status tingkat perkembangan desa dan kelurahan dimaksud. 

"Evaluasi perkembangan desa dan kelurahan dimaksudkan untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan, serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,"" ujar Barnusa, Selasa, 15 November 2022. 

Selain itu, evaluasi perkembangan desa dan kelurahan bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing desa dan kelurahan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. “Evaluasi perkembangan desa dan kelurahan juga untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa dan kelurahan dalam kurun waktu Januari sampai dengan Desember,” terang Barnusa. 

Bagi aparatur desa, lanjutnya,  kegiatan monitoring dan pembinaan dapat meningkatkan kemampuan dalam pengisian data Epdeskel secara online. 

“Selama ini kan pemerintah desa mengisi data Epdeskel secara manual, dengan penginputan data secara online ini mereka lebih mudah mengetahui dan melakukan evaluasi perkembangan desa dengan status cepat berkembang, berkembang dan atau kurang berkembang,” tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar