Ditjen Bina Pemdes Gelar Rapat Hasil Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Kelurahan tahun 2022

 

Jakarta, Depokterkini.com

Direktorat Jenderal Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri melaksanakan Rapat Pemaparan Hasil Klarifikasi Lapangan dan Pleno Lomba Desa/Kelurahan tingkat Regional tahun 2022.

Sebelumnya telah dilakukan Verifikasi Lapangan ke 20 Desan dan 19 kelurahan pada 6 Oktober hingga 5 November 2022.  

Rapat dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Eko Prasetyanto Purnomo Putro, di Ruang Nawasena Lantai 2 Gedung C Bina Pemdes, Jakarta, Kamis (08/11/22) 

Dalam sambutanya Eko Prasetyanto mengapresiasi  Panitia Lomba Desa dan Kelurahan sekaligus tim koordinator yang telah melaksanakan Verifikasi Lapangan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, "saya kira usaha yang sangat luar biasa dari ibu tyas dan teman-teman semua sehingga bisa berlanjut. Seperti kita ketahui bahwa pleno sekaligus klarifikasi ini kita lakukan di 20 Desa dan 19 Kelurahan yang tersebar di 24 Provinsi, 22 Kabupaten dan 17 Kota ini merupakan hal luar biasa yang telah dilakukan Ditjen Bina Pemdes," Ungkap Eko

Agenda Rapat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pemdes, untuk menentukan Juara  Desa dan Kelurahan di masing-masing Regional mulai dari Wilayah 1 sampai dengan Wilayah 4.

"Saya berharap dari hasil ini kita akan mengetahui sebenarnya kondisi nyatanya seperti apa dari 20 Desa, 19 Kelurahan itu seperti apa sehingga kita akan bisa mengungkap tiap regional itu bagaimana dan siapa yang layak sebenarnya. Untuk bisa melihat sebenarnya di Wilayah 1 bagaimana, wilayah 2, wilayah 3 dan 4 bagaimana," urainya.

Eko berharap rapat ini bisa menentukan Juara Lomba Desa dan Kelurahan yang benar-benar Objektif, " Kami harapkan dilakukan betul-betul objektif tidak berdasarkan yang lain-lain, jadi kita menilai ini memang objektif dan nanti hasilnya bisa menjadi percontohan model, nanti juga kita akan ada evaluasi dan melihat juara-juara ini seperti apa sehingga nanti bisa menyaksikan bahwa ini memang layak. Kita harapkan pada 23 November bisa menyaksikan inovasi-inovasi yang sudah dilakukan," imbuhnya.

Turut Hadir dalam rqpat tersebut Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Regional tahun 2022 Prof. DR. DRS Khasan Effendy (Guru Besar IPDN), Chaerul Dwi Sapta (Direktur Kelembagaan dan Kerjasama, Ditjen Bina Pemdes), Muhammad Noval (Direktur Evaluasi Perkembangan Desa, Ditjen Bina Pemdes) Anggar Pramudiani Widyaningtyas(Kapus Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis BPSDM) dan Para Koordinator masing-masing Wilayah.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar