BUMDes Bandung Kabupaten Pandeglang Jadi Percontohan Pengelolaan Keuangan yang Transfaran dan Akuntable

(foto : istimewa)

Pandeglang, Depokterkini.com

Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten menjadi percontohan oleh Kementerian Desa Republik Indonesia (Kemendes RI) dan Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN) pada tahun 2023 mendatang.

Ditunjuknya BUMDes Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang ini sebagai salah satu uji coba percontohan dalam pengelolaan keuangan transfaran dan akuntabel di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Arif Purwantara selaku penggerak swadata masyarakat atau Ahli Muda dari Pusat Pengembangan dayasaing desa daerah tertinggal dan transmigrasi pada Kemendes RI, pada Selasa (20/12/2022) 

Menurut Arif, kegiatannya ke Desa Bandung ini bagian dari pra sosialisasi terkait dengan Kemendes dalam penyusunan laporan keuangan BumDes yang akuntabel berbasis digitali, karena yang selama ini laporan keuangan BUMDesa Bandung masih sistem manual dan tidak bisa dibaca oleh tim audit.

“Maka Kementerian Desa beriniasi untuk membuat keputusan kementerian bisa digunakan untuk semua BumDesa yang akuntabel dan memudahkan orang lain bisa menanam saham di BUMDesa tersebut, karena bisa diaudit secara akuntabel dan transfaransi publik,” beber Arif saat berkunjung ke Desa Bandung.

“Ini baru tahap sosialisasi pengenalan dan tahun 2023 akan dilakukan pendampingan, Desa Bandung yang pertama dan akan menjadi uji coba percontohan secara nasional khususnya di Provinsi Banten,” sambungnya.

Kemendes, lanjutnya bekerjasama dengan STAN akan memberikan pendampingan di BUMDesa Bandung tersebut.

“Kita bekerjasama dengan STAN sebagai teknis dalam penyusunan keuangan yang nanti akan mendampingi dalam pelaksanaannya bersama para mahasiswa sebagai salah satu pengabdian STAN,” pungkasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar