Hadiri Pelantikan DPD APDESI Kaltim, Ini Pesan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

 

Kaltim, Depokterkini.com

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro menghadiri pelantikan DPD APDESI Provinsi Kalimantan Timur masa bakti 2022-2027 di Ballroom Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (16/12/2022). 

Dalam pelantikan ini Eko memberikan beberapa pesan kepada pengurus yang baru dilantik. 

"Pengurus yang baru dilantik diharapkan mampu mempercepat serapan APBDes termasuk dana desa dengan prioritas mendorong percepatan pembangunan desa, pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa," ungkap Eko. 

Eko juga berharap para pengurus bisa meningkatkan sinergitas antara Pemdes dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam percepatan pembangunan desa dengan mengutamakan kesejahteraan masyarakat desa dan berinovasi memajukan desa dengan berbagai program yang dapat mengoptimalkan potensi, tantangan dan peluang yang ada di desa dengan mendorong partispasi masyarakat.

"Meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang responsif, estraktif, regulatif, distributif dan kolaboratif serta senantiasa untuk tidak melanggar larangan," kata Eko. 

"Menghidupkan kembali nilai-nilai dan tradisi desa yang mengedepankan integritas, memberlakukan mekanisme sanksi adat/sosial bagi pelaku korupsi.

Menyebarluaskan berita baik atas capaian keberhasilan pembangunan desa dan penerapan tata kelola desa yang baik," tutur Eko. 

Melalui pelantikan ini pengurus APDESI bisa meningkatkan koordinasi dan soliditas yang baik antara kepala desa dengan perangkat desa dalam melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Melakukan evaluasi kinerja pemerintah desa baik internal pemerintahan desa maupun supra desa dalam rangka revitalisasi berbagai aspek dalam percepatan pembangunan di desa melalui Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD)," tandas Eko.(wan

Posting Komentar

0 Komentar