Warga Bojongsari Dapat Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember dan Tanam Sayuran

Bojongsari, Depokterkini.com

Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) gencar dilakukan Pemkot Depok, kegiatan ini dilakukan melalui kelurahan  dengan tujuan ketahanan pangan keluarga.

Menurut Agus Harto Sasongko, Kasie Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Bojongsari,  P2L diselenggarakan di RW 12 pada Kamis, 21 September 2023  tujuan lingkungan tersebut memiliki ketahanan pangan keluarga.

Untuk itu, dikatakan lebih lanjut, pihak kelurahan memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada warga  kemudian diberikan tata cara budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) bersama pemberian bantuan 1000 bibit ikan air tawar  dan juga benih sayuran jenis kangkung, bayam merah, oyong, terong lalap dan terong unggu.    

“RW 12 merupakan Kampung Caraka atau cerdas ramah keluarga, sehingga melalui P2L  untuk Budikdamber di bagian atasnya bisa digunakan sebagai media tanam  kangkung,” ujarnya pada Jumat (22/9/2023) di Kelurahan Bojongsari.  

Kegiatan tersebut, ditambahkannya, dibuka Kasie Ekbang Kecamatan Bojongari, Yuni Astuti, dan   sebagai narasumber dari DKP3 atau Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan  dan KTNA Kota Depok

Adapun peserta kegiatan itu, dijelaskannya, Kelompok Wanita Tani (KWT) Kiray Emas, anggotanya para kader PKK pokja 3. Masa panen sayur dan ikan, dikemukakanya, selama sekitar 1 bulan , namun untuk ikan tergantung bagaimana memberikan pakan. 

“ RW 12 selain memiliki lahan pertanian, juga memiliki metode tanam hidroponik sehingga sayuran di lingkungan tersebut diharapkan tumbuh subur,” tuturnya.

Dari hasil pertanian dan budidaya ikan, sambungnya, bisa untuk membantu menurunkan angka stunting.  “Diharapkan bantuan yang diberikan hasilnya optimal,” pungkasnya.  (Dib)


Posting Komentar

0 Komentar