Depok Komitmen Pertahankan Predikat Utama Penilaian APE 2023

Balaikota, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyatakan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk mempertahankan predikat Utama pada penilaian Anugrah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Sebelumnya, Kota Depok telah berhasil meraih predikat tersebut di tahun 2018 dan 2020.

“Sejak tahun 2018 memang kita sudah dinyatakan ramah gender sehingga ini harus dipertahankan untuk predikat Utama,” kata Wali Kota Depok," kata Walikota yang kerap disapa Kyai Idris, usai menghadiri Rakor Pokja dan Focal Point Pengarusutamaan Gender (PUG) Tahun 2023 di Aula Teratai, lantai 1, Balai Kota, Selasa (10/10/2023).

Dalam mendukung Pengarusutamaan Gender, lanjut Kyai Idris, Pemkot Depok sudah melakukan sejumlah upaya.

Di antaranya menyediakan trotoar yang ramah disabilitas, menyediakan loket pelayanan khusus bagi lansia di Puskesmas, penyediaan parkir khusus bagi wanita, dan lainnya.

“Sarana yang ramah disabilitas juga sudah diberikan, nanti jalan-jalan seperti trotoar itu juga akan dilihat oleh tim penilai, apakah ramah disabilitas atau tidak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, Nessi Annisa Handari menambahkan, selain aspek fisik, penilaian administrasi juga akan dilakuk

Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi lapangan oleh tim penilai dari Kementerian PPPA

“Verifikasi administrasi mulai 14-27 Oktober, verifikasi lapangan 28 Oktober-17 November, verifikasi final pada 18-19 November,” katanya.

“Sementara untuk pemberian penghargaan APE akan diadakan bertepatan dengan Hari Ibu yaitu 22 Desember 2023,” tutupnya. (Wan)



Posting Komentar

0 Komentar