Hari Sopyan, Operator Sekolah Tak Mengenal Hari Libur

 

Bojongsari, Depokterkinu.com

Libur sekolah selalu dinantikan karena ingin rehat walau sesaat atau pergi wisata ke luar kota. 

Pasca  penilaian sumatif akhir (PAS) atau penilaian akhir semester (PAS)  pada semester ganjil sesuai kalender pendidikan libur sekolah diberlakukan  sejak 26 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Di masa libur sekolah tersebut sejumlah sekolah seperti SDN di wilayah Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Bojongsari, Kota Depok  tampak kosong karena tidak ada aktifitas belajar dan mengajar di sekolah. 

Namun tidak bagi petugas operator sekolah  karena tetap melakukan aktifitas sejak diberlakukan libur sekolah.

“Saya sejak hari Selasa 26 Desember 2023 sudah masuk seperti hari hari biasa karena banyak tugas yang harus dikerjakan sampai  selesai,” kata Hari Sopyan, operator sekolah saat ditemui di SDN Curug 01, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok pada Kamis (28/12/2023).  

Tugas yang harus dikerjakan disaat libur sekolah di antaranya, katanya membantu guru membuat Analisis  jabatan ( Anjab), membantu penilaian guru atau e kinerja melaui web langsung ke BKN Pusat.

Kemudian, lanjutnya, menutup buku kas umum (PKU) di anggaran kas dan aktivasi untuk tahun anggaran 2024, lalu  menyiapkan Anggaran kas (Arka) 2024. 

“Jadi selama libur saya tetap kerja seperti biasa,” ulasnya, seraya mengungkapkan pada hari pertama kerja saat siswa libur dia mengaku ditemani kepala SDN Curug 01, Cecep.

Demikian juga, lanjutnya, pada hari berikutnya ditemani sejumlah guru piket dan diantara rekan guru menyelesaikan tugasnya.

“Jadi saat libur sekolah saya  tidak pulang ke daerah Pangandarag 

kampung istri karena kerja sebagai operator sekolah cukup padat, ” kata pria yang memiliki satu anak dan tinggal di wilayah Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok persisnya dekat lapangan PSP.

Sulastri, guru SDN Curug 01 yang masuk ke sekolah bersama dua rekan guru lainnya  mengaku, dirinya masuk ke sekolah untuk menyelesaian tugas sebagai guru.

Diantara tugas yang harus diselesaikan, sambung Sulastri, apload data e kinerja guru, kemudian memasukan nilai buku induk raport.

“Jadi tugas ini harus diselesaikan, ketika libur sekolah kami bersama rekan lainnya datang ke sekolah untuk menyelesaikan tugas,” pungkasnya. (Dib)


Posting Komentar

0 Komentar